Jumat, 20 Desember 2013

Konsep Manajemen,Manajer & Manajerial

Konsep Manajemen
definisi manajemen menurut ahli:
Robbins dan Coulter (1999)
 manajemen adalah proses pengkoordinasian dan pengintegrasian kegiatan-kegiatan kerja agar diselesaikan secara efektif dan efisien melalui orang lain.  2 kata penting yang saling terkait di sini adalah pengkoordinasian orang lain dan efektif efisien.  Pengkoordinasian orang lain artinya melibatkan orang lain, sedangkan efektif dan efisien untuk menunjukkan berdaya guna dan berhasil guna.  Pengkoordinasian orang lain tidak berarti kegiatan tidak dapat dilakukan sendiri, hanya saja dalam pertimbangan efektifitas dan efisiensi, perlu pelibatan orang lain.  Lalu untuk dapat tercapai secara optimal pelibatan tersebut, perlu dikelola atau ada proses atau upaya pengkoordinasian yang disebut manajemen.
Gibson, Donelly, dan Ivancevich (1996)
manajemen adalah proses yang dilakukan seorang atau beberapa orang untuk mengkoordinasikan aktifitas orang lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak dapat dicapai oleh orang itu sendiri.
Fungsi-fungsi Manajemen
Robbins dan Coulter (1999) menyebutkan bahwa fungsi-fungsi manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan.
  • Perencanaan: mencakup pendefinisian tujuan, penetapan strategi, dan mengembangkan rencana untuk mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan. 
  • Pengorganisasian; adalah menentukan tugas apa saja yang dikerjakan, siapa yang mengerjakan, bagaimana tugas-tugas dikelompokkan, siapa melapor kepada siapa, dan pada tingkat mana keputusan harus dibuat.
  • Kepemimpinan; meliputi kegiatan-kegiatan memotivasi bawahan, mengarahkan, menyeleksi saluran komunikasi yang paling efektif, dan memecahkan konflik. 
  • Pengendalian; meliputi pemantauan kegiatan-kegiatan untuk memastikan bahwa semua orang mencapai apa yang telah direncanakan dan mengkoreksi penyimpangan-penyimpangan yang ada.
PRINSIP MANAJEMEN
    Menurut Henry Fayol, seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari :
  • Pembagian kerja (Division of work)
  • Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)
  • Disiplin (Discipline)
  • Kesatuan perintah (Unity of command)
  • Kesatuan pengarahan (Unity of direction)
  • Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri
  • Penggajian pegawai
  • Pemusatan (Centralization)
  • Hirarki tingkatan
  • Ketertiban (Order)
  • Keadilan dan kejujuran
  • Stabilitas kondisi karyawan
  • Prakarsa (Inisiative)
  • Semangat kesatuan, semangat korps
UNSUR-UNSUR MANAJEMEN
  Unsur-unsur manajemen(tools of management) meliputi:
  1. Men  yaitu sdm organisasi, eksekutif dan operatif
  2. Money yaitu dana operasional untuk mencapai tujuan
  3. Methode  yaitu cara-cara untuk mencapai tujuan
  4. Materials  yaitu bahan-bahan untuk mencapai tujuan
  5. Machines yaitu mesin/alat untuk mencapai tujuan
  6. Market  yaitu pasar untuk menjual barang/jasa
TIPE MANAJEMEN
    Harbison dan Myers menggolongkan manajemen itu menjadi tiga tipe, yaitu:
1.PatrimonialManagement
Terdapat apabila suatu perusahaan dimiliki oleh sebuah keluarga dan kedudukan-kedudukan yang penting dalam hirarki perusahaan dikuasai oleh anggota-anggota keluarga tersebut.
2.Political Management
Suatu bentuk manajemen dimana kedudukan-kedudukan penting dan pokok dalam organisasi dipegang oleh mereka yang mempunyai hubungan-hubungan politik berdasarkan atas loyalitas pada suatu partai politik tertentu.
3.Profesional Management
Kedudukan yang strategis dan penting diserahkan kepada mereka yang telah memberikan bukti akan kecakapannya, kapasitas, kesanggupan, keahlian atau dengan perkataan lain atas dasar jasa dan hasil yang mereka berikan kepada perusahaan.
Peran Manajemen 
Peran manajemen di sini dapat dilihat dari peran seorang manajer dalam organisasi.  Organisasi dan manajemen adalah 2 bidang yang terkait erat.  Organisasi untuk berhasil memerlukan manajemen yang baik, dan manajemen tersebut dikelola oleh seorang manajer.  Organisasi adalah sekumpulan orang-orang yang memiliki tujuan yang sama.
Peran manajer menurut Mintzberg dalam Robbins dan Coulter (1999) adalah peran antar pribadi, peran informasi, dan peran memutuskan, dengan penjelasan masing-masing adalah sebagai berikut :
Peran antar pribadi: Peran-peran yang melibatkan kegiatan-kegiatan simbolis (figure head), pemimpin, dan penghubung.
Peran informasi: Peran yang meliputi kecepatan-kecepatan memantau, menyebarkan, dan juru bicara.
Peran memutuskan: Peran yang meliputi kewirausahawan, penanganan gangguan, pengalokasi sumber daya.
Manajer & Manajerial
Menurut Stoner dan Hankel (1986), ada 3 tingkat keterampilan manajer, yaitu keterampilan teknis, keterampilan manusiawi, dan keterampilan konseptual dengan penjelasan masing-masing sebagai berikut :
  1. Keterampilan teknis: kemampuan menggunakan alat-alat, prosedur, dan teknik suatu bidang yang khusus.
  2. Keterampilan manusiawi: Kemampuan untuk bekerja dengan orang lain.
  3. Keterampilan konseptual: kemampuan mental untuk mengkoordinasi dan memadukan semua kepentingan dan kegiatan organisasi.
Kemampuan Manajerial
Kemampuan manajerial adalah kemampuan manajer dalam mengatur, mengkoordinasikan, dan menggerakkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang ditetapkan oleh organisasinya.  Kemampuan manajerial lahir dari proses pembelajaran.  Gambar

Melihat lebih dalam Ayat-Ayat Cinta(novel

A Identitas Buku
Judul Buku                            : Ayat Ayat Cinta
Jenis Buku                              : Novel
Pengarang                             : Habiburrahman El-Shirazy
Penerbit                                 : Republika
Percetakan                            : PT Intermasa
Editor                                       : Anif Sirsaeba A
Desain Cover dan Isi           : Abdul Basith El Qud
Tahun Terbit                         : Desember 2004
Tebal                                        : 419 halaman
Panjang dan Lebar              : 20,5 cm x 13,5 cm
 ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
b. Isi buku / sinopsis singkat.
Novel ini bercerita kisah percintaan yang di balut dalam ajaran-ajaran islam yang kental. Kisah berawal dari seorang mahasiswa bernama Fahri bin Abdullah Shiddiq. Ia adalah seorang mahasiswa Universitas Al-azhar, Mesir.
Di Mesir Fahri tinggal bersama  keempat temannya yang berasal dari Indonesia juga. Mereka tinggal di apartemen sederhana dan mempunyai tetangga yang sangat baik dan akrab dengan mereka, yaitu keluarga Tuan Boutros. Tuan Boutros mempunyai istri bernama Madame Nahed, dan orang anak mereka bernama Maria dan Yousef. Keluaraga Tuan Boutros adalah keluarga Kristen Koptik yang sangat taat. Maria adalah putri sulung mereka. ia gadis yang unik. Ia seorang Kristen Koptik, namun suka pada Al-Quran. Ia bahkan hafal beberapa ayat Al-Quran, diantarnnya adalah surat Maryam. Sebuah surat yang membuat dirinya merasa bangga.
Pertemuan berawal ketika Fahri pergi ke Shubra El-Kaima untuk talaqqi pada Syaikh Utsman Abdul Fattah. Fakhri pergi  kesana menggunakan metro, dan disitulah awal Fahri bertemu dengan perempuan bercadar yang bernama Aisha. Aisha bukanlah orang Mesir, melainkan gadis asal Jerman yang sedang studi di Mesir.
ayat-cinta
Selain mempunyai tetangga yang baik, Fahri juga mempunyai tetangga yang sangat galak dan kasar. Kepala keluarga itu bernama Bahadur. Bahadur mempunyai istri bernama madame Syaima dan putri bungsunya Noura. Bahadur selalu bersikap kasar dengan Noura. Malam itu Fahri ingin menolong Noura yang sedang dipukuli oleh Bahadur, tapi Fahri tidak bisa menolongnya, lalu dia meminta bantuan Maria, akhirnya Maria mau menolong Noura. Fahri berempati penuh dengan Noura dan ingi menolongnya. Sayang hanya empati saja, tidak lebih.Maria mengagumi Fahri. Kekaguman yang berubah menjadi cinta. Sayang cinta Maria hanya tercurah dalam diary nya saja.
Nurul adalah anak seorang Kyai terkenal yang juga mencari ilmu di Al-Azhar. Sebenarnya Fahri menaruh hati pada gadis itu. Sayang rasa mindernya yang hanya anak keturunan petani membuatnya tidak pernah mengungkapkan perasaanya pada Nurul. Padahal Nurul juga menaruh hati pada Fahri, namun Nurul juga tidak sanggup mengungkapkan perasaanya kepada Fahri.
Muncullah Aisah, si mata Indah yang menyihir Fahri sejak sebuah kejadian di metro, saat Fahri membela Islam dari tuduhan kolot dan kaku. Aisah jatuh cinta pada Fahri, dan begitu juga Fahri yang tidak mampu membohongi hatinya.
Mereka berdua menikah, dijodohkan oleh pamannya Aisha. Mereka hidup bahagia. Beberapa bulan kemudian Aisha dinyatakan mengandung. Tak lama kemudian, Fahri dapat kabar kalau Maria koma. Belum sempat menjenguk Maria, malapetaka datang menghampiri rumah tangga mereka. Noura menuduh Fahri telah memperkosanya. Semua orang tahu bahwa itu fitnah. Fahri diseret, dan dimasukkan ke penjara. Kuncinya semua ini adalah Maria yang sedang koma. Dia mengetahui bagaimana kejadian yang sebenarnya.
Keluarga Boutros mendatangi Fahri di penjara, mereka berniat mengunjungi Fahri dan juga ingin meminta bantuan kepada Fahri untuk menyadarkan Maria dari komanya, dengan merekam suara Fahri lalu nantinya akan didengarkan ke Maria. Kata dokter hanya orang yang dicintai Maria yang dapat menyembuhkannya. Tak kunjung sadar juga, akhirnya dokter dan madame Nahed mneyuruh Fahri untuk menyatakan cintanya kepada Maria. Sebelumnya Fahri tidak mau melakukan itu, lalu Fahri meminta izin kepada Aisha, akhirnya Aisah menyetujuinya. Setelah itu, Fahri langsung menikahi Maria. Setelah beberapa saat kemudian, Maria sadar.
Sidang penentuan tiba, diakhir persidangan Maria tiba. Maria mengatakan apa yang sebenarnya terjadi pada malam itu. Setelah mengatakan itu semua, Maria pingsan dan langsung dilarikan ke rumah sakit.
27718_lyubovnye-stixi_or_ayat-ayat-cinta_1024x768_(www.GdeFon.ru)
Fahri memenangkan sidang tersebut, dan Bahadur dimasukkan penjara.
Begitu divonis bebas, Fahri dibawa oleh Aisha ke rumah sakit yang sama dengan Maria untuk diperiksa. Sejak selesai dari persidangan itu, Maria belum sadarkan diri juga. Beberapa saat kemudian, Aisha mendengar Maria mengigau kalau dia ingin masuk surga, tapi tidak diperbolehkan. Lalu ia terbangun dan menceritakan itu semua pada Aisha dan juga Fahri. Fahri tau apa yang dimaksudkan oleh Maria, lalu ia membantu Maria ke kamar mandi dan Aisha membantu untuk mewudhui Maria. Selesai itu Maria kembali dibaringkan di atas kasur seperti semula,dengan suara lirih yang keluar dari relung jiwa ia melafalkan syahadad. Tak lama kemudian, kedua matanya tertutup rapat dan akhirnya Maria si gadis Koptik yang masuk islam di akhir hayat nya meninggal dunia dalam keadaan muslimah.
c.Kelebihan dan kekurangan dalam novel
Kelebihan :
1.Novel ini mengajarkan kehidupan Islami yang sangat kental, bisa menjadi motivasi orang-orang yang membacanya.
2.Untaian bahasa sang peneluis begitu indah dan mudah dimengerti.
3.Novel ini menggunakan bahasa arab, dan disetiap halaman yang ada bahasa arabnya, di bawahnya pasti ada terjemahannya.
4. Ayat Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta.
5.Dapat memperkaya khazanah pengetahuan kita tentang negeri seribu menara, Mesir.
6.Novel ini bukan sekedar novel cinta dan religi, tetapi juga novel politik, novel fiqh, novel budaya, dan novel dakwah.
7.penulisan novel ditulis dengan bahasa indah dan menghadirkan tokoh-tokoh yang “hidup” dalam berbagai karakter, membuat novel ini tidak hanya sekedar dibaca sebagai cerita picisan atau romantisme biasa, tapi membaurkan pengetahuan atas hidup dan berkehidupan secara indah. Ketepatan dalam mengolah kata-kata sangat tepat, membuat cerita dalam novel ini terasa benar-benar terjadi. Bahasanya juga komunikatif, mudah dipahami oleh pembacanya. Di dalam novel ini ada bahasa arabnya juga, dan dibawahnya ada artinya  jadi memudahkan si pembaca memahmi isinya.
8.Kemasan buku.
Novel ini  dikemas dengan menarik . Sebelum membaca isinya, pembaca disuguhkan dengan komentar-komentar orang yang sudah membaca novel tersebut, jadi menambah keinginan saya untuk mengetahui bagaiman isi ceritanya.
Kelemahan
1.sang Tokoh utama Fahri, yang hanya laki-laki biasa dan anak seorang petani dicintai oleh empat orang wanita sekaligus. Dalam kehidupan             nyata sepertinya hal ini sulit terjadi.
2.Maria yang jatuh sakit berminggu-minggu bahkan sampai koma, hanya karena ditolak citanya oleh Fahri. Dalam kehidupan nyata hal ini terlalu     berlebihan.
D.Masukan dan saran pemilihan buku.
Novel ini sangat bagus untuk dibaca, menambah pengetahuan tentang Islam yang sesungguhnya dan mengajari kita tentang banyak hal yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya
E.Kesimpulan, berisi kualitas keseluruhan isi buku.
Novel ini tidak saja menceritakan kehidupan percintaan seperti novel-novel tentang cinta yang lain, tapi novel ini mengenalkan bagaimana percintaan menurut islam yang sebanar-benarnya. Novel ini memang sangat bagus isi ceritanya, tidak hanya menggambarkan kehidupan seseorang yang sangat sederhana, tetapi juga mengajarkan kepada kita betapa pentingnya hidup di jalan Allah, hidup hanya benar-benar untuk Allah S.W.T. dan juga Mengajarkan kita  susah senangnya kehidupan seorang mencari ilmu di negeri orang.

Melihat lebih dalam Ayat-Ayat Cinta(novel

A Identitas Buku
Judul Buku                            : Ayat Ayat Cinta
Jenis Buku                              : Novel
Pengarang                             : Habiburrahman El-Shirazy
Penerbit                                 : Republika
Percetakan                            : PT Intermasa
Editor                                       : Anif Sirsaeba A
Desain Cover dan Isi           : Abdul Basith El Qud
Tahun Terbit                         : Desember 2004
Tebal                                        : 419 halaman
Panjang dan Lebar              : 20,5 cm x 13,5 cm
 ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????
b. Isi buku / sinopsis singkat.
Novel ini bercerita kisah percintaan yang di balut dalam ajaran-ajaran islam yang kental. Kisah berawal dari seorang mahasiswa bernama Fahri bin Abdullah Shiddiq. Ia adalah seorang mahasiswa Universitas Al-azhar, Mesir.
Di Mesir Fahri tinggal bersama  keempat temannya yang berasal dari Indonesia juga. Mereka tinggal di apartemen sederhana dan mempunyai tetangga yang sangat baik dan akrab dengan mereka, yaitu keluarga Tuan Boutros. Tuan Boutros mempunyai istri bernama Madame Nahed, dan orang anak mereka bernama Maria dan Yousef. Keluaraga Tuan Boutros adalah keluarga Kristen Koptik yang sangat taat. Maria adalah putri sulung mereka. ia gadis yang unik. Ia seorang Kristen Koptik, namun suka pada Al-Quran. Ia bahkan hafal beberapa ayat Al-Quran, diantarnnya adalah surat Maryam. Sebuah surat yang membuat dirinya merasa bangga.
Pertemuan berawal ketika Fahri pergi ke Shubra El-Kaima untuk talaqqi pada Syaikh Utsman Abdul Fattah. Fakhri pergi  kesana menggunakan metro, dan disitulah awal Fahri bertemu dengan perempuan bercadar yang bernama Aisha. Aisha bukanlah orang Mesir, melainkan gadis asal Jerman yang sedang studi di Mesir.
ayat-cinta
Selain mempunyai tetangga yang baik, Fahri juga mempunyai tetangga yang sangat galak dan kasar. Kepala keluarga itu bernama Bahadur. Bahadur mempunyai istri bernama madame Syaima dan putri bungsunya Noura. Bahadur selalu bersikap kasar dengan Noura. Malam itu Fahri ingin menolong Noura yang sedang dipukuli oleh Bahadur, tapi Fahri tidak bisa menolongnya, lalu dia meminta bantuan Maria, akhirnya Maria mau menolong Noura. Fahri berempati penuh dengan Noura dan ingi menolongnya. Sayang hanya empati saja, tidak lebih.Maria mengagumi Fahri. Kekaguman yang berubah menjadi cinta. Sayang cinta Maria hanya tercurah dalam diary nya saja.
Nurul adalah anak seorang Kyai terkenal yang juga mencari ilmu di Al-Azhar. Sebenarnya Fahri menaruh hati pada gadis itu. Sayang rasa mindernya yang hanya anak keturunan petani membuatnya tidak pernah mengungkapkan perasaanya pada Nurul. Padahal Nurul juga menaruh hati pada Fahri, namun Nurul juga tidak sanggup mengungkapkan perasaanya kepada Fahri.
Muncullah Aisah, si mata Indah yang menyihir Fahri sejak sebuah kejadian di metro, saat Fahri membela Islam dari tuduhan kolot dan kaku. Aisah jatuh cinta pada Fahri, dan begitu juga Fahri yang tidak mampu membohongi hatinya.
Mereka berdua menikah, dijodohkan oleh pamannya Aisha. Mereka hidup bahagia. Beberapa bulan kemudian Aisha dinyatakan mengandung. Tak lama kemudian, Fahri dapat kabar kalau Maria koma. Belum sempat menjenguk Maria, malapetaka datang menghampiri rumah tangga mereka. Noura menuduh Fahri telah memperkosanya. Semua orang tahu bahwa itu fitnah. Fahri diseret, dan dimasukkan ke penjara. Kuncinya semua ini adalah Maria yang sedang koma. Dia mengetahui bagaimana kejadian yang sebenarnya.
Keluarga Boutros mendatangi Fahri di penjara, mereka berniat mengunjungi Fahri dan juga ingin meminta bantuan kepada Fahri untuk menyadarkan Maria dari komanya, dengan merekam suara Fahri lalu nantinya akan didengarkan ke Maria. Kata dokter hanya orang yang dicintai Maria yang dapat menyembuhkannya. Tak kunjung sadar juga, akhirnya dokter dan madame Nahed mneyuruh Fahri untuk menyatakan cintanya kepada Maria. Sebelumnya Fahri tidak mau melakukan itu, lalu Fahri meminta izin kepada Aisha, akhirnya Aisah menyetujuinya. Setelah itu, Fahri langsung menikahi Maria. Setelah beberapa saat kemudian, Maria sadar.
Sidang penentuan tiba, diakhir persidangan Maria tiba. Maria mengatakan apa yang sebenarnya terjadi pada malam itu. Setelah mengatakan itu semua, Maria pingsan dan langsung dilarikan ke rumah sakit.
27718_lyubovnye-stixi_or_ayat-ayat-cinta_1024x768_(www.GdeFon.ru)
Fahri memenangkan sidang tersebut, dan Bahadur dimasukkan penjara.
Begitu divonis bebas, Fahri dibawa oleh Aisha ke rumah sakit yang sama dengan Maria untuk diperiksa. Sejak selesai dari persidangan itu, Maria belum sadarkan diri juga. Beberapa saat kemudian, Aisha mendengar Maria mengigau kalau dia ingin masuk surga, tapi tidak diperbolehkan. Lalu ia terbangun dan menceritakan itu semua pada Aisha dan juga Fahri. Fahri tau apa yang dimaksudkan oleh Maria, lalu ia membantu Maria ke kamar mandi dan Aisha membantu untuk mewudhui Maria. Selesai itu Maria kembali dibaringkan di atas kasur seperti semula,dengan suara lirih yang keluar dari relung jiwa ia melafalkan syahadad. Tak lama kemudian, kedua matanya tertutup rapat dan akhirnya Maria si gadis Koptik yang masuk islam di akhir hayat nya meninggal dunia dalam keadaan muslimah.
c.Kelebihan dan kekurangan dalam novel
Kelebihan :
1.Novel ini mengajarkan kehidupan Islami yang sangat kental, bisa menjadi motivasi orang-orang yang membacanya.
2.Untaian bahasa sang peneluis begitu indah dan mudah dimengerti.
3.Novel ini menggunakan bahasa arab, dan disetiap halaman yang ada bahasa arabnya, di bawahnya pasti ada terjemahannya.
4. Ayat Ayat Cinta mengajak kita untuk lebih jernih, lebih cerdas dalam memahami cakrawala keislaman, kehidupan, dan juga cinta.
5.Dapat memperkaya khazanah pengetahuan kita tentang negeri seribu menara, Mesir.
6.Novel ini bukan sekedar novel cinta dan religi, tetapi juga novel politik, novel fiqh, novel budaya, dan novel dakwah.
7.penulisan novel ditulis dengan bahasa indah dan menghadirkan tokoh-tokoh yang “hidup” dalam berbagai karakter, membuat novel ini tidak hanya sekedar dibaca sebagai cerita picisan atau romantisme biasa, tapi membaurkan pengetahuan atas hidup dan berkehidupan secara indah. Ketepatan dalam mengolah kata-kata sangat tepat, membuat cerita dalam novel ini terasa benar-benar terjadi. Bahasanya juga komunikatif, mudah dipahami oleh pembacanya. Di dalam novel ini ada bahasa arabnya juga, dan dibawahnya ada artinya  jadi memudahkan si pembaca memahmi isinya.
8.Kemasan buku.
Novel ini  dikemas dengan menarik . Sebelum membaca isinya, pembaca disuguhkan dengan komentar-komentar orang yang sudah membaca novel tersebut, jadi menambah keinginan saya untuk mengetahui bagaiman isi ceritanya.
Kelemahan
1.sang Tokoh utama Fahri, yang hanya laki-laki biasa dan anak seorang petani dicintai oleh empat orang wanita sekaligus. Dalam kehidupan             nyata sepertinya hal ini sulit terjadi.
2.Maria yang jatuh sakit berminggu-minggu bahkan sampai koma, hanya karena ditolak citanya oleh Fahri. Dalam kehidupan nyata hal ini terlalu     berlebihan.
D.Masukan dan saran pemilihan buku.
Novel ini sangat bagus untuk dibaca, menambah pengetahuan tentang Islam yang sesungguhnya dan mengajari kita tentang banyak hal yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya
E.Kesimpulan, berisi kualitas keseluruhan isi buku.
Novel ini tidak saja menceritakan kehidupan percintaan seperti novel-novel tentang cinta yang lain, tapi novel ini mengenalkan bagaimana percintaan menurut islam yang sebanar-benarnya. Novel ini memang sangat bagus isi ceritanya, tidak hanya menggambarkan kehidupan seseorang yang sangat sederhana, tetapi juga mengajarkan kepada kita betapa pentingnya hidup di jalan Allah, hidup hanya benar-benar untuk Allah S.W.T. dan juga Mengajarkan kita  susah senangnya kehidupan seorang mencari ilmu di negeri orang.

Analisa kasus

Analisa kasus

Andi adalah pendiri ,direktur dan manajer umum dari semua operasi PT.Suka Cita sebuah pabrik Korek Api di Karawang . Suatu waktu perusahaan tersebut diambil alih oleh suatu perusahaan raksasa dan direorganisasi ,dan Andi diangkat sebagai Direktur yang baru,diperintahkan untuk mengembangkan struktur organisasi .Dia melakukannya dengan berat hati karena dia selalu mengelola perusahaannya secara informal. Setelah satu tahun memecahkan banyak masalah antar Departemen sendiri dan bekerja 12 sampai 14 jam sehari Andi menyadari bahwa penjualanya menurun,laba menyusut dan banyak kariawan yang keluar dari perusahaanya.company-szbampton
Masalahnya: Adalah bagaimana mereorganisasi Pt.Suka Cita menjadi suatu perusahaan lebih profesional dengan meningkatkan penjualaannya dan laba.
Bukanlah hal yang mudah untuk mereorganisasi suatu perusahaan untuk menjadi lebih professional dan meningkatkan penjualan laba pada produk tertentu karena persaingan pasar yang ketat tapi dengan melakukan staffing,pengembangan struktur organisasi dan koordinasi yang tepat dan menjaga komunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahpahaman maka hal ini akan menjadi ramuan yang manjur untuk memajukan perusahaan tersebut,karyawannya juga harus mempunyai pengalaman dan keterampilan yang baik hingga jika mengeluarkan produksi akan menjadi baik dan mendapatkan produk yang berkualitas.
Pertanyaan:
1.Untuk mengembangkan Struktur Organisasi,perlu kiranya Andi tahu terlebih dahulu tentang informasi apa yang diberikan oleh suatu Struktur organisasi? Jelaskan!
Dalam pandangan struktural organisasi diperlukan adanya koordinasi pola interaksi para anggota organisasi secara formal. Struktur organisasi menetapkan bagaimana tugas akan dibagi, siapa melapor kepada siapa, dan mekanisme koordinasi yang formal serta pola interaksi yang akan diikuti. Sebuah struktur organisasi mempunyai tiga komponen yang harus diperhatikan, yaitu; kompleksitas, formalisasi dan sentralisasi.
Kompleksitas mempetimbangkan tingkat differensasi atau perbedaan yang ada dalam organisasi yang meliputi tingkat pembagian kerja, jumlah tingkatan di dalam hierarkhi organisasi, serta tingkat sejauh mana unit-unit organisasi tersebar secara menyeluruh. Kompleksitas pada sebuah organisasi dipengaruhi oleh besar kecilnya organisasi tersebut, semakin besar kekuatan sebuah organisasi maka akan semakin kompleks juga struktur organisasi yang ada di dalamnya.
Formalisasi merupakan tingkatan pada sejauh mana sebuah organisasi menyandarkan dirinya kepada peraturan dan prosedur untuk mengatur perilaku dari para pegawainya. Dengan struktur organisasi yang besar, maka akan semakin sulit mengawasi dan mengendalikan para anggota organisasi di dalam efektifitas kinerja organisasi. Untuk itu, diperlukan adanya peraturan dan pedoman operasional standar organisasi dalam performansi kerja dari para anggota organisasi, baik di tingkat bawahan maupun pada tingkat manajer.
Fungsi organisasi merupakan pemanfaatan dan pengerahan segala sumber daya (pikiran, kemauan, perasaan dan tenaga) untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Dilihat dari langkah-langkah kegitan organisasi, maka yang dimaksud fungsi-fungsi organisasi mencakup sumber masukan (input), proses, dan keluaran (output) dengan melibatkanfeedback sebagai kontrol.
2.Cara-acara dan syarat-sarat  apa yang sebaiknya dilakukan agar koordinasi yang dilaksanakan berjalan lancar?
Tujuan organisasi adalah tujuan bersama ,maka perlu cara-cara dan syarat agar koordinasi berjalan lancar yaitu
ü  Yang pertama harus dimiliki suatu organisasi adalah nilai dan visi, nilai dan visi adalah suatu tujuan yang akan digunakan sebagai target yang harus dicapai oleh suatu organisasi. Jika nilai organisasi tidak ada maka organisasi itu akan rusak, karna tidak memiliki tujuan yang jelas.
ü  Yang kedua adalah misi , misi adalah hal-hal yang harus di lakukan untuk mencapai suatu visi ( tujuan ). Tanpa ada misi yang jelas maka visi tidak akan  pernah tercapai, maka dari itu visi dan misi sangat berkaitan satu sama lain. Jika tidak memiliki misi maka organisasi tidak akan pernah mencapai visi yang diinginkan.
ü  Yang ketiga adalah aturan, aturan adalah batasan-batasan yang harus dimiliki organisasi. Jika  suatu organisasi memiliki aturan yang jelas maka bisa terjadi penyimpangan yg dapat merugikan.
ü  Yang keempat adalah profesionalisme, profesionalisme adalah bagaimana cara organisasi itu bertindak.
ü  Yang kelima adalah insentif, insentif adalah bonus atau hadiah.
ü  Yang keenam adalah sumber daya, Jika suatu organisasi kehilangan sumber daya maka organisasi tersebut tidak akan bisa bergerak dengan baik.
ü  Yang ke tujuh adalah rencana kerja, rencana kerja merupakan susunan kegiatan yang akan dilakukan oleh suatu organisasi
ü  Yang ke delapan Memberikan keterangan langsung dan secara bersahabat. Keterangan mengenai  pekerjaan saja tidak cukup, karena tindakan-tindakan yang tepat harus diambil untuk menciptakan dan menghasilkan koordinasi yang akan dicapainya.
ü  Yang ke sembilan Mengusahakan agar pengetahuan dan penerimaan tujuan yang akan dicapai oleh anggota, tidak menurut masing-masing individu anggota dengan tujuannya sendiri-sendiri. Tujuan itu adalah tujuan bersama.
ü  Yang ke sepuluh Mendorong para anggota untuk bertukar pikiran, mengemukakan ide, saran-saran dan lain sebagainya.
ü  Yang ke sebelas Mendorong para anggota untuk berpartisipasi dalam tingakt perumusan dan penciptaan sasaran.
ü  Yang ke dua belas Membina human relations yang baik antara sesame karyawan.
ü  Yang ke tigabelas Manajer sering melakukan komunikasi informal  dengan para. bawahan.
Ringkasnya, suatu koordinasi akan lebih baik dan maju, jika memperoleh dukungan partisipasi dari bawahan,  dan pihak-pihak yang terkait yang akan melakukan pekerjaan diikut sertakan dalam proses pengambilan keputusan,supaya mereka antusias dalam melakukansnya.
3.Banyak kegagalan koordinasi disebabkan oleh komunikasi,coba saudara jelaskan mengenai hambatan-hambatan komunikasi dan bagaimana caranya untuk mengatasi hambatan tersebut!
Hambatan dalam Komunikasi
Di dalam komunikasi selalu ada hambatan yang dapat mengganggu kelancaran jalannya proses komunikasi. Sehingga informasi dan gagasan yang disampaikan tidak dapat diterima dan dimengerti dengan jelas oleh penerima pesan atau receiver. Menurut Ron Ludlow & Fergus Panton (1992,p.10-11), ada hambatan-hambatan yang menyebabkan komunikasi tidak efektif yaitu adalah :
ü  Status effect:Adanya perbedaaan pengaruh status sosial yang dimiliki setiap manusia.Misalnya karyawan dengan status sosial yang lebih rendah harus tunduk dan patuh apapun perintah yang diberikan atasan. Maka karyawan tersebut tidak dapat atau takut mengemukakan aspirasinya atau pendapatnya.
ü  Semantic Problems:Faktor semantik menyangkut bahasa yang dipergunakan komunikator sebagai alat untuk menyalurkan pikiran dan perasaanya kepada komunikan. Demi kelancaran komunikasi seorang komunikator harus benar-benar memperhatikan gangguan sematis ini, sebab kesalahan pengucapan atau kesalahan dalam penulisan dapat menimbulkan salah pengertian (misunderstanding) atau penafsiran (misinterpretation) yang pada gilirannya bisa menimbulkan salah komunikasi (miscommunication).
ü  Perceptual distorsion:Dapat disebabkan karena perbedaan cara pandangan yang sempit pada diri sendiri dan perbedaaan cara berpikir serta cara mengerti yang sempit terhadap orang lain. Sehingga dalam komunikasi terjadi perbedaan persepsi dan wawasan atau cara pandang antara satu dengan yang lainnya.
ü  Cultural Differences:Hambatan yang terjadi karena disebabkan adanya perbedaan kebudayaan, agama dan lingkungan sosial. Dalam suatu organisasi terdapat beberapa suku, ras, dan bahasa yang berbeda. Sehingga ada beberapa kata-kata yang memiliki arti berbeda di tiap suku.
ü  Physical Distractions:Hambatan ini disebabkan oleh gangguan lingkungan fisik terhadap proses berlangsungnya komunikasi.
ü  Poor choice of communication channels:gangguan yang disebabkan pada media yang dipergunakan dalam melancarkan komunikasi.
ü  No Feed back:Hambatan tersebut adalah seorang sender mengirimkan pesan kepada receiver tetapi tidak adanya respon dan tanggapan dari receiver maka yang terjadi adalah komunikasi satu arah yang sia-sia.
CARA MENGATASI HAMBATAN KOMUNIKASI
ü  Gunakan umpan-balik:Beri kesempatan pada orang orang lain untuk menyampaikan ide atau gagasannya, sehingga tercipta dua iklim komunikasi dua arah.
ü   Kenali si penerima berita
-Bagaimana latar belakang pendidikannya.
- Bagaimana pengetahuan tentang subyek pembicaraan,
- Sejauh mana minat dan perasaanya.
ü  Rencanakan secara teliti, pertimbangkan baik-baik : apa, mengapa, siapa, bagaimana, kapan.
4.Salah satu faktor penyebab penunjang keberhasilan perusahaan adalah staffing atau penerimaan dan penepatan pegawai,coba saudara jelaskan bagaimana staffing yang efektif  itu!
TINDAKAN STAFFING
Tindakan staffing antara lain meliputi hal-hal sebagai berikut :
ü  Tindakan rekrutmen dan dekrutmen.
Rekrutmen adalah tindakan melokasikan, ,mengidentifikasi, dan menarik perhatian para pelamar kerja yang kompeten. Apabila ada lowongan kerja, bagian personalia perusahaan harus menggunakan informasi yang dihimpun melalui analisis pekerjaan agar dapat menuntun mereka dalam melakukan rekrutmen.
Sebagian perusahaan memiliki cara yang menarik dalam mencari tenaga kerja. Dalam kasus ini PT.suka cita perusahaan korek api  yang merekrut karyawannya dengan kriteria yang berbeda dengan karyawan berdeda dari perusahaan korek api lainya yang ada di Semarang  yang akan menawarkan konsep korek api gas berdisain unik dan korek api non-gas yang berbeda dengan korek api lainya itu merekrut karyawannya yang memiliki selera seni dan boleh mengajukan ide di perusahaan tersebut. Karena perekrutan dilakukan berbeda dengan  PT lain maka pelamar  Formulir yang tersedia ludes diambil calon tenaga kerja .
Selain rekrutmen,pendekatan untuk mengendalikan penawaran tenaga kerja adalah dekrutmen. Tentu saja hal ini bukan merupakan tugas yang menyenangkan bagi manajer dan bagian personalia manapun. Meskipun karyawan bisa dipecat, pilihan lain seringkali jauh lebih baik. Akan tetapi tidak peduli karyawan melakukannya, mengurangi angkatan kerja organisasi bukanlah hal yang mudah.closeup011
ü   Mempekerjakan orang baru dengan keahlian yang baru
Mempekerjakan orang baru dengan kemampuan yang baru membtuhkan proses rekrutmen dan seleksi yang lebih cermat. Meskipun rekrutmen secara online sudah popular dan memungkinkan mengidentifikasi pelamar dengan cepat dan mudah, kualitas pelamar mungkin tidak sesuai dengan harapan.
Stephen P. Robbins dan Mary Coulter dalam Manajemen menunjukkan jika riset telah membuktikan bahwa rujukan dari karyawan biasanya menghaslkan kandidat terbaik. Hal itu karena karyawan mengetahui pekerjaannya dan mengenal orang yang direkomendasikan jadi mereka cenderung untuk merujuk pelamar yang berkualitas.
ü  Melakukan pelatihan kepada sumber daya mausia yang ada untuk mempelajari keahlian yang baru.
Pelatihan karyawan merupakan tindakan staffing yang sangat penting. Ketika permintaan pekerjaan berubah, kemamuan karyawanpun juga harus berubah. Dalam hal ini manajerlah yang bertanggungjawab dalam memutuskan jenis pelatihan apa yag dibutuhkan karyawan, kapan mereka membutuhkannya, dan jenis pelatihan apa yang harus diambil.
Ada dua jenis orientasi kepelatihan. Orientasi unit kerja, yaitu memperkenalkan karyawan deengan sasaran-sasaran unit kerja, menjelaskan caranya bekerja, dan perkenalan antar karyawan. Orientasi organisasi, yaitu menginformasikan pada karyawan baru tentang sasaran perusahaan, riwayatnya, filosofinya, dan peraturan yang berlaku di dalamnya.
Ada banyak faktor yang mempengaruhi efektivitas pelaksanaan training, seperti:
a. Kualitas training.
b. Motivasi dari peserta training.
c. Kebutuhan individu dari peserta.
Menurut Drs Syafarudin Alwi, MS (2001), pelatihan dan pengembangan yang tepat memerlukan perencanaan yang sistematis dan kontekstual dimulai dari tahap menentukan kebutuhan pelatihan, penyusunan desain instruksional, implementasi dan evaluasi.
B. LANGKAH-LANGKAH STAFFING
ü  Human resource planning : Dapat diartikan bahwa perencanaan yang baik mengenali yang dibutuhkan dalamstaffing dan memastikan telah mendekati kebutuhan dengan menganalisa tujuan pekerjaan, syarat-syarat calon pegawai dan jumlah pegawai.
ü  Recruitment :Melokasikan, ,mengidentifikasi, dan menarik perhatian para pelamar kerja yang kompeten. Apabila ada lowongan kerja, bagian personalia perusahaan harus menggunakan informasi yang dihimpun melalui analisis pekerjaan agar dapat menuntun mereka dalam melakukan rekrutmen.
ü  Selection :Menyaring para pelama kerja untuk menentukan siapa yang paling memenuhi kualifikasi atas pekerjaan tersebut. Seleksi melibatkan perkiraan pelamar mana yang akan berhasil jika diterima. Sebagai contoh, ketika merekrut tenaga penjualan, proses seleksinya harus memperkirakan pelamar mana yang akan menghasilkan volume penjualan yang tinggi.
ü  Orientation : Ada dua jenis orientasi kepelatihan. Orientasi unit kerja, yaitu memperkenalkan karyawan deengan sasaran-sasaran unit kerja, menjelaskan caranya bekerja, dan perkenalan antar karyawan. Orientasi organisasi, yaitu menginformasikan pada karyawan baru tentang sasaran perusahaan, riwayatnya, filosofinya, dan peraturan yang berlaku di dalamnya.
ü  Training and development : Dalam hal ini kesempatan untuk melakukan training harus memperhatikan materi untuk mempertahankan kemampuan kerja dan motivasi dalam bekerja lembur.
5.Ada dua jenis pemerintahan,yaitu perintah lisan dan tulisan. Jelaskan kapan perintah 2 tersebut diberikan! Dan sebutkan keuntungan dari kedua perintah tersebut!
ü  Komunikasi Lisan dan Tertulis
Jenis komunikasi ini paling banyak di praktekkan sehari-hari khususnya dalam komunikasi antar pribadi. Pemilihan bentuk komunikasi lisan atau tertulis dipengaruhi oleh faktor-faktor waktu, kecepatan, biaya, perferensi pribadi, keterampilan individu dalam berkomunikasi, fasilitas yang tersedia untuk berkomunikasi. Komunikasi lisan atau tertulis memiliki keuntungan dan kerugian, seperti kalau tertulis keuntungannya pesan dapat disimpan, tetapi kerugiannya memakan waktu jika dibandingkan dengan komunikasi lisan.
ü  Komunikasi Verbal dan Non Verbal
Komunikasi verbal yaitu komunikasi melalui kata-kata baik lisan atau tertulis. Komunikasi non verbal adalah komunikasi yang menggunakan bahasa badan atau tubuh, seperti gerakan tangan, jari, mata, kepala dan lain-lain. Alasan penggunaan jenis komunikasi ini biasanya berkaitan dengan masalah waktu dan situasi saat komunikasi terjadi.
Kesulitan utama dalam komunikasi verbal dengan menggunakan kata-kata adalah karena kita mencoba berbicara tentang dunia yang sangat rumit sedangkan jumlah kata-kata yang digunakan terbatas.
Jenis alat bantu visual kedua dalam komunikasi verbal adalah tulisan atau gambar. Sedangkan dalam komunikasi non verbal, bagian terpenting adalah menyangkut penggunaan bahasa tubuh (body language), yang artinya orang-orang mengkomunikasikan arti kepada orang lain dengan tubuh mereka dalam interaksi antar pribadi. Bahasa tubuh merupakan pelengkap yang penting bagi komunikasi non verbal di semua belahan dunia umumnya. Komunikasi non verbal ini memiliki fungsi tertentu dalam proses komunikasi verbal.
ü  Fungsi utama dari komunikasi non verbal adalah :
1.    Sebagai pengulangan.
2.    Pelengkap.
3.    Pengganti.
4.    Memberi penekanan.
5.    Memperdayakan.
 images (1)


kelompok:
ARVIN DESWAN(31113264)
AGUS DARMAWAN(30113370)
MUHAMMAD ROBY(36113133)
VERA BADRYANTI(39113108)

MOTIVASI

Motivation
Motivasi seringkali diartikan dengan istilah dorongan. Dorongan atau tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat. Jadi motif tersebut merupakan suatu driving force yang menggerakkan manusia untuk bertingkah-laku, dan di dalam perbuatannya itu mempunyai tujuan tertentu. Setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia selalu di mulai dengan motivasi (niat)
Motivasi seseorang sangat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu :
a. Faktor Internal; faktor yang berasal dari dalam diri individu,
Harga diri dan prestas
Harapan
Kebutuhan
Kepuasan kerja
b. Faktor Eksternal; faktor yang berasal dari luar diri individu, terdiri atas
Jenis dan sifat pekerjaan
Kelompok kerja dimana individu bergabung
Situasi lingkungan pada umumnya
Sistem imbalan yang diterima
Setiap orang mendambakan masa depan yang lebih baik,kesuksesan dalam sekolah,kuliah, karir, rumah tangga dan hubungan sosial, namun seringkali kita terbentur oleh berbagai kendala dalam hidup tidak selamanya yang kita rencanakan terealisasi dengan baik, terkadang ada hal-hal mendasar yang tidak bisa terelakan ketika rancangan tersebut kemudian gagal dan tidak bisa terealisasi dengan baik. Jatuh bangun dalam menjalani kehidupan pun harus di lalui suka maupun tidak suka,ya kita hanyalah aktor dalam hidup ini, ketika jatuh dan terpuruk secara pribadi beberapa hal bisa menjadi pelipur lara sekaligus motivasi untuk ku,pertama ialah aku tanamkan dalam mindset ku bahwa jika aku tidak bangkit dan tenggelam dalam kegagalan ku maka aku sendiri yang akan merasakan kerugiannya.maka aku tidak ingin tenggelam dalam kesedihan ku,aku harus bangkit,yang kedua Tuhan tidak suka dengan orang yang berputus asa,cobaan dalam hidup pasti dilalui,jatuh bangun adalah hal yang biasa,yang luar bisa adalah kita bisa bangkit saat jatuh tersebut ,dan yang terakhir yang memotivasi diriku adalah  orang tua,orang tua yang menjadi pembangkit semangat untuk menjalani hidup ini.
self_motivation
Semangat dan dukungan dari mereka bagaikan oase di padang gurun ,menyejukan dan menguatkan. Semangat dan dukungan dari mereka pun mampu membujuk ku dari hal yang tidak menarik menurutku menjadi menarik ,dari kedaanku yang lemah menjadi kuat ,ya semangat dan dukungan dari ayah dan ibuku memang luar biasa membuat semangatku membuncah-buncah.

Koran Kompas - Mendunia dulu,lokal kemudian

KOMPAS 17 november 2013

Mendunia dulu,Lokal kemudian

Dari sebuah ruko di Pluit Karang Utara,Jakarta,Tas-tas yang dibuat dari anyaman rotan sintetis itu merambah ke mancanegara. Produk dengan lebel Chameo itu juga sudah bolak balik melenggang disejumlah pekan mode internasional.
Tas anyaman ini murni produk lokal,buatan Yuliana Lim dan 30 pekerja nya. Yuliana ,yang sejak awal memilih Amerika Serikat sebagai pasar pertamanya , memulai usahanya tahun 2008. “saya kurang percaya diri melempar kepasar lokal karena pada waktu itu produk lokal sering kali diremehkan dan dihargai murah” ujarnya.
Bisnis tas ini berawal dari hobby nya membeli dan memakai tas dari serat alam . Namun pengalamanya memakai tas dari serat alam sering meninggalkan kesan tidak menyenangkan,seperti benang serat yang kerap nyangkut dibaju serta anyaman yang kaku dan acap kali mencuat keluar sehingga kerap kali menggores tangan.

Dari rentetan pengalaman itulah Yuliana berkeinginan untuk membuat tas anyaman sendiri dari bahan-bahan yang nyaman dipakai “karena suami saya bergerak dibidang furniture dengan anyaman rotan sintetik,saya pun berkeinginan membuat tas tangan dari bahan yang sama”ujarnya.

Dia mengakui upayanya ini tergolong nekat karena dia tidak memiliki latar belakang pendidikan ataupun keterampilan menjahit dan menganyam. Yuliana memulai usaha dengan mencari tenaga lepas dari kelompok pengrajin anyaman di Yogyakarta tapi gagal”para penjahit dan pembuat anyaman angkat tangan tidak sanggup membuat tas berbahan rotan sintetik yang lebih licin dari rotan alam”ujurnya.

Yuliana pun beralih mencari tenaga kerja di Jakarta. Setelah mendapatkan satu penjahit dan satu penganyam dia pun memakai mesin produksi berupa mesin jahit bekas,mesin jahit khusus untuk menjahit tas. “karena tidak ada satupun yang berpengalaman membuat tas anyaman , akhirnya proses pembuatan tas ini kami pelajari bersama secara otodidak” ujarnya.
Proses belajar ini berlangsung sekitar satu tahun,selama jangka waktu tersebut,jumlah produk gagal sudah tak terhitung.

POSITIF

Setelah berhasil membuat tas anyaman seperti yang diminta Yuliana mencoba menjual produknya ke New Jersey,AS ,melalui perantara istri pelanggan furniture suaminya yang tinggal disana. Volume produk yang dipasok ke Amerika ketika itu hanya sekita 100 tas rata-rata tas dijual 30 dollar AS tak disangka responya posif. Setelah 6 bulan dia kembali menerima permintaan tas . hal ini terus berulang hingga saat ini. Sekitar tahun 2009 setelah pasar dalam negeri dirasa telah cukup kondusif menerima produknya barulah Yuliana melempar produknya untuk konsumsi domestik. Ternyata sambutan dari dalam negeri juga cukup bagus.
Saat ini , Yuliana memproduksi 1000 tas perbulan dan 70 % hasil produksinya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Tingginya permintaan di negeri sendiri membuatnya tidak lagi berkonsentrasi pada permintaan luar negeri yang sebenarnya juga terus meningkat dan berkembang di banyak negara lain.
Chameo telah ikut tampil dalam Japan Fashion Week tahun 2011 , Hongkong Fashion Week tahun 2013 dan ikut dalam ajang pamaran Pret a Porter di Paris ,Perancis ,tahun 2013.Terakhir,model-model terbaru dipajang sebagai tren mode tas tahun 2014 dimajalah fashion Italia,Arpel.

Hingga saat ini Yuliana mengaku terus belajar dengan melakukan inovasi produk. Setelah sebelumnya hanya memakai bahan rotan sintetis,sekarang ini dia mulai memadupadankan dengan aneka kain seperti batik dan songket . Terakhir dia pun mencoba memadukanya dengan kulit Ular. Harga tas Chameo ini berkisar Rp.900.000 hingga 5,2 juta.
Sekalipun sudah bermunculan tas dengan beraneka bahan Yuliana mengatakan akan tetap bertahan memakai bahan baku utama rotan sintetis.
“saya mencintai dan terus mengangkat popularitas anyaman rotan yang merupakan kerajinan tas Indonesia”ujarnya.

Mengulas berita diatas

Dilihat dari judul artikel ini “MENDUNIA DULU,LOKAL KEMUDIAN” mencerminkan seperti apa pasar(masyarakat)di Indonesia. Respon pasar Indonesia kurang baik terhadap produk lokal dan pasar lebih tertarik oleh produk luar . Kenyataanya pasar lebih tertarik jika merek barang tersebut berbau kebarat-baratan.
Memulai suatu usaha dipersangain yang begitu ketat ini bukanlah hal mudah tapi dengan tekat yang kuat dan keberanian akhirnya bisnis tas ini akhirnya laku dipasaran. Pantang menyerah juga merupakan hal yang penting dalam membangun sebuah bisnis,terbukti dari kisah Yuliana ini,dalam jangka waktu setahun sudah tak terhitung lagi jumlah tas yang gagal di produksi tapi Yuliana tidak pantang menyerah dan kegigihanya membuahkan hasil. Tas-tas nya yang dia pasarkan keluar negeri mulai mendapat tanggapan positif.
Awalnya hanya memproduksi 100 tas perbulan dengan harga 30 dollar AS dan berkembang hingga 1000 tas perbulan dengan harga Rp.900.000 sampai 5,2juta. Saat kedaan pasar nasional mulai kondusif Yuliana Lim mulai memasarkan tas nya di dalam negeri dan terbukti kegigihanya berbuah manis,kini Yuliana Lim memiliki pasar didalam dan di luar negeri.
Chameo merek tas inipun telah tampil dalam Japan Fashion Week 2011,Hongkong Fashion Week 2013 dan Pret a Porter di Perancis 2013 dan terakhir,model-model terbaru tas ini di pajang sebagai tren mode tas 2014 di majalah Italia,Arpel.
Kesuksesan dalam tas berbahan dasar rotan sintetis ini pun tak membuat Yuliana Lim berpuas diri. Yuliana pun tetap berinovasi dengan menggunakan bahan lain dari batik dan songket. Inovasi ini adalah hal penting agar konsumen tak bosan karena persaingan pasar begitu ketat maka berinovasi itu adalah hal yang wajib. 

Cerita seputar kampus baru ku

Bismillahirahmanirahim

Sekitar tiga bulan saya telah menjadi mahasiswa gunadarma dan tak terasa besok saya akan menghadapi UTS perdana saya. Sebelum saya perang dengan soal-soal tersebut kini saya sempatkan waktu untuk mencurahkan opini saya tentang kampus tersebut.

Menjadi mahasiswa diploma dengan kelas berisi 53 siswa dan hanya ada 14 wanita dikelas tersebut membuat kaum hawa menjadi minoritas disitu,bukan masalah karena kami para wanita lebih kompak pada pria-pria tersebut hhehe.
Di mata saya,didalam kelas itu terdapat 3 tipe mahasiswa ,
pertama mereka yang datang selalu duduk didepan mendengarkan dosen dan mengerjakan tugas dari dosen dan aktif dikelas,jiwa dan raga mereka memang ingin belajar.

Tipe ke dua,mereka yang datang dengan wajah yang hampir setiap hari kurang tidur(entah mengapa),datang lalu duduk di lorong sambil merokok seperti kereta api lalu ketika dosen datang mereka selalu duduk di belakang,asik berbicara dengan obrolannya sendiri ketika dosen sedang menerangkan didepan kelas dan ketika waktu pulang tiba,mereka pulang dengan tanpa mendaptkan apa-apa,tipe ke dua ini singkatnya mereka datang duduk pulang dan menyumbangkan uangnya ke kampus dengan sukarela hehe.

Tipe yang ketiga ini adalah jenis yang di tengah-tengah dimana mereka datang ,merokok di lorong seperti kereta api juga ,saat dosen datang mereka duduk tidak di belakang kadang di tengah kadang di depan kadang di belakang,mereka juga kadang mendengarkan kadang sibuk sendiri dengan obrolan antar sesama mereka tapi ketika ada tugas atau tes tiba mereka masih berusaha untuk bisa menghadapi tes atau tugas tersebut dengan bertanya kepada mereka (mahasiswa tipe pertama),mereka itu seperti mahasiswa labil,tapi mendingan dari pada mahasiswa tipe ke dua.

Pendapat saya selanjut tentang dikelas adalah kurang tertibnya mahasiswa dikelas untuk urusan rokok,mereka yang merokok punya tepat dilorong untuk merokok dan di dalam adalah tempat mahasiswa yang tidak merokok tapi kadang mahasiswa perokok itu merokok di dalam kelas itu artinya mereka mengambil hak anak-anak yang tidak meroko,mereka lupa bahwa tidak semua orang suka dengan rokok. Menyebalkan memang saat mau bernafas normal saja di usik oleh mereka yang tidak memikirkan orang lain.


Beberapa kali kami para maba berinteraksi dengan para senior,saat ppsppt atau beberapa kali senior masuk ke kelas untuk mensosialisasikan beberapa hal,yang menarik disini adalah saya merasakan bahwa mereka para senior mencoba merangkul para adik-adiknya ,mencoba untuk mengenal dan akrab denga kami para pendatang baru di lingkungan tersebut,menyenangkan dan saya sampai saat ini suka dengan gaya mereka yang tidak sok senioritas.


Lalu untuk fasilitas kelas yang kurang contohnya AC yang sering mati dan itu mengganggu kenyamanan kami dalam belajar.

Lalu dan selalu mengganjal di hati saya adalah mengapa para staff Ruang sekdos tempat mahasiswa bertanya tetang masuk tidaknya dosen hari tersebut itu berjamaah berwajah masam dan menjawab jutek ketik kami para mahasiswa bertanya,saya bingung mengapa mereka kompak seperti itu padahal kami datang dan bertanya dengan baik-baik tapi di tanggapi seperti itu,pada umumnya saya ataupun teman-teman saya yang keluar dari ruangan Sekdos selalu makan hati karena mendapat jawaban yang jutek dan wajah masam dari mereka.

Untuk lingkungan Gunadarma dari luar saya suka karena masih banyak pohon-pohon yang membuat nyaman ketika berjalan ataupun gazebo yang nyaman untuk belajar.

Mohon maaf bila ada kata-kata saya yang menyinggu ,tulisan ini semat-mata untuk memenuhi tugas softskill .Assalamualaikum wr.wb

Seputar Koordinasi

A. Koordinasi Menurut Ahli
 Menurut G.R. Terry koordinasi adalah suatu usaha yang sinkron dan teratur untuk menyediakan jumlah dan waktu yang tepat, dan mengarahkan pelaksanaan untuk menghasilkan suatu tindakan yang seragam dan harmonis pada sasaran yang telah ditentukan. Sedangkan menurut E.F.L. Brech, koordinasi adalah mengimbangi dan menggerakkan tim dengan memberikan lokasi kegiatan pekerjaan yang cocok dengan masing-masing dan menjaga agar kegiatan itu dilaksanakan dengan keselarasan yang semestinya di antara para anggota itu sendiri (Hasibuan, 2007:85)
.
 Sementara itu, Handoko (2003:195) mendefinisikan koordinasi (coordination) sebagai proses pengintegrasian tujuan-tujuan dan kegiatan-kegiatan pada satuan-satuan yang terpisah (departemen atau bidang-bidang fungsional) suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien.
Terdapat 3 (tiga) macam saling ketergantungan di antara satuan-satuan organisasi seperti diungkapkan oleh James D. Thompson (Handoko, 2003:196), yaitu:
1. Saling ketergantungan yang menyatu (pooled interdependence), bila satuan-satuan organisasi tidak saling tergantung satu dengan yang lain dalam melaksanakan kegiatan harian tetapi tergantung pada pelaksanaan kerja setiap satuan yang memuaskan untuk suatu hasil akhir.
2. Saling ketergantungan yang berurutan (sequential interdependece), di mana suatu satuan organisasi harus melakukan pekerjaannya terlebih dulu sebelum satuan yang lain dapat bekerja.
3. Saling ketergantungan timbal balik (reciprocal interdependence), merupakan hubungan memberi dan menerima antar satuan organisasi.

B. Masalah-Masalah dalam Koordinasi
Paul R. Lawrence dan Jay W. Lorch (Handoko, 2003:197) mengungkapkan 4 (empat) tipe perbedaan dalam sikap dan cara kerja yang mempersulit tugas pengkoordinasian, yaitu:
1. Perbedaan dalam orientasi terhadap tujuan tertentu.
Para anggota dari departemen yang berbeda mengembangkan pandangan mereka sendiri tentang bagaimana cara mencapai kepentingan organisasi yang baik. Misalnya bagian penjualan menganggap bahwa diversifikasi produk harus lebih diutamakan daripada kualtias produk. Bagian akuntansi melihat pengendalian biaya sebagai faktor paling penting sukses organisasi.
2. Perbedaan dalam orientasi waktu.
Manajer produksi akan lebih memperhatikan masalah-masalah yang harus dipecahkan segera atau dalam periode waktu pendek. Biasanya bagian penelitian dan pengembangan lebih terlibat dengan masalah-masalah jangka panjang.
3. Perbedaan dalam orientasi antar-pribadi.
Kegiatan produksi memerlukan komunikasi dan pembuatan keputusan yang cepat agar prosesnya lancar, sedang bagian penelitian dan pengembangan mungkin dapat lebih santai dan setiap orang dapat mengemukakan pendapat serta berdiskusi satu dengan yang lain.
4. Perbedaan dalam formalitas struktur.

C. Tipe-Tipe Koordinasi
Menurut Hasibuan (2007:86-87) terdapat 2 (dua) tipe koordinasi, yaitu:
1. Koordinasi vertikal adalah kegiatan-kegiatan penyatuan, pengarahan yang dilakukan oleh atasan terhadap kegiatan unit-unti, kesatuan-kesatuan kerja yang ada di bawah wewenang dan tanggungjawabnya.
2. Koordinasi horisontal adalah mengkoordinasikan tindakan-tindakan atau kegiatan-kegiatan penyatuan, pengarahan yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan penyatuan, pengarahan yang dilakukan terhadap kegiatan-kegiatan dalam tingkat organisasi(aparat) yang setingkat.

D. Sifat-Sifat Koordinasi
Menurut Hasibuan (2007:87) terdapat 3 (tiga) sifat koordinasi, yaitu:
1. Koordinasi adalah dinamis bukan statis.
2. Koordinasi menekankan pandangan menyeluruh oleh seorang koordinator (manajer) dalam rangka mencapai sasaran.
3. Koordinasi hanya meninjau suatu pekerjaan secara keseluruhan.

E. Syarat-Syarat Koordinasi
Menurut Hasibuan (2007:88) terdapat 4 (empat) syarat koordinasi, yaitu:
1. Sense of cooperation (perasaan untuk bekerjasama), ini harus dilihat dari sudut bagian per bagian bidang pekerjaan, bukan orang per orang.
2. Rivalry, dalam perusahaan-perusahaan besar sering diadakan persaingan antara bagian-bagian, agar bagian-bagian ini berlomba-lomba untuk mencapai kemajuan.
3. Team spirit, artinya satu sama lain pada setiap bagian harus saling menghargai.
4. Esprit de corps, artinya bagian-bagian yang diikutsertakan atau dihargai, umumnya akan menambah kegiatan yang bersemangat.

F. Ciri-Ciri Koordinasi
Menurut Handayaningrat (1985:89-90) koordinasi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
1. Bahwa tanggungjawab koordinasi adalah terletak pada pimpinan. Oleh karena itu, koordinasi adalah merupakan tugas pimpinan.
2. Adanya proses (continues process). Karena koordinasi adalah pekerjaan pimpinan yang bersifat berkesinambungan dan harus dikembangkan sehingga tujuan dapat tercapai dengan baik.
3. Pengaturan secara teratur usaha kelompok. Oleh karena koordinasi adalah konsep yang ditetapkan di dalam kelompok, bukan terhadap usaha individu, maka sejumlah individu yang bekerjasama, di mana dengan koordinasi menghasilkan suatu usaha kelompok yang sangat penting untuk mencapai efisiensi dalam melaksanakan kegiatan organisasi. Adanya tumpang tindih, kekaburan dalam tugas-tugas pekerjaan merupakan pertanda kurang sempurnanya koordinasi.
4. Konsep kesatuan tindakan. Hal ini adalah merupakan inti dari koordinasi. Kesatuan usaha, berarti bahwa harus mengatur sedemikian rupa usaha-usaha tiap kegiatan individu sehingga terdapat adanya keserasian di dalam mencapai hasil.
5. Tujuan koordinasi adalah tujuan bersama, kesatuan dari usaha meminta suatu pengertian kepada semua individu, agar ikut serta melaksanakan tujuan sebagai kelompok di mana mereka bekerja.

F. Pendekatan-Pendekatan Untuk Mencapai Koordinasi Yang Efektif
Pendekatan ini dapat di tempuh dengan dua jalan yaitu:
1. Pendekatan Potensi Koordinasi.
Pendekatan koordinasi ini meliputi sistem:
a. Sistem Informasi Vertical.
Adalah suatu sistem di mana informasi dapat di kirimkan ke atas dan kebawah jenjang organisasi. Misalnya penanganan IDT (inpres desa tertinggal) dari menteri dalam negeri sampai ke desa tertinggal dan sebaliknya.
b. Sistem Informasi Lateral.
Sistem ini mengabaikan rantai komando. Hubungan lateral (hubungan ke samping atau sejajar) ini memungkinkan adanya pertukaran informasi yang di butuhkan dapat di pertanggung jawabkan. Misalnya dalam kasus tanah perlu adanya informasi lateral atau badan pertanahan nasional, departemen dalam negeri, departemen kehutanan, dan departemen kehutanan.
c. Sistem Informasi Manajer Penghubung.
Manajer penghubung mempunyai wewenang formal atas semua unit yang terlibat dalam sebuah proyek. Manajer penghubung perlu di laksanakan apabila di perkirakan koordinasi secara efektif tidak berhasil di laksanakan.
2. Pendekatan Struktur.
Pendekatan ini di lakukan apabila perusahaan merasakan adanya iklim yang tidak sehat pada unit-unit karena adanya penunpukan kegiatan pada satu unit. Pendekatan ini di kenal sebagai organisasi matrik. Yaitu mencirikan adanya satuan tugas atau proyek. Satuan tugas ini dapat di bubarkan apabila proyek telah selesai.


G.Sifat-Sifat Koordinasi      
 Menurut Hasibuan (2007:87) terdapat 3 (tiga) sifat koordinasi, yaitu:
1. Koordinasi adalah dinamis bukan statis.
2. Koordinasi menekankan pandangan menyeluruh oleh seorang koordinator (manajer) dalam rangka mencapai sasaran.
3. Koordinasi hanya meninjau suatu pekerjaan secara keseluruhan.


seputar koordinasi