Saat ini, internet sudah bukan lagi menjadi hal aneh bagi
seluruh manusia di sebagian besar permukaan bumi ini. Dengan internet,
segalanya terasa sangat mudah dan cepat, seperti mencari tahu tentang segala
hal, bertemu/berkomunkasi dengan saudara atau sahabat kita yang berada di
belahan bumi lain, bahkan membeli barang-barang yang belum di pasarkan di
Negara kita, namun sudah dipasarkan di Negara lain hanya dangan “Klik”.
Hampir semua pengguna internet mengetahui adanya toko-toko atau
perusahaan-perusahaan online tersebut, bahkan sudah sangat banyak yang menjadi
“peserta” dalam kegiatan jual–beli online tersebut, namun ketika mereka ditanya
tentang apa itu E-Commerce, tidak sedikit juga yang masih tidak mengerti apa
itu E-Commerce. Maka sebelum saya memaparkan inti pembahasan saya tentang
perbedaan antara 2 website yang menggunakan E-Commerce, terlebih dahulu saya
akan menjelaskan sedikit apa itu E-Commerce
E-Commerce atau
Electronic Commerce (PerniagaanElektronik) merupakan bagian dari E–Business
atau Electronic Business (bisnis yang dilakukan dengan menggunakan electronic
transmission), dimana segala bentuk kegiatan-kegiatan bisnis yang menyangkut
konsumen (consumers), manufaktur (manufactures), service providers dan pedagang
perantara (intermediaries), juga transaksi dari perdagangan/perniagaan barang
atau jasa (trade of goods and service) yang menggunakan media elektronik.
Jelas, selain dari yang telah disebutkan di atas, bahwa kegiatan perniagaan
tersebut merupakan bagian dari kegiatan bisnis (e-commerce is a part of
e-business).
Atau lebih
sederhananya E-Commerce adalah suatu proses membeli dan
menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke
perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis:Laudon &
Laudon (1998)
Setelah mengetahui apa itu E-Commerce,
maka kita akan melihat sedikit contoh dari website E-Commerce. Dalam hal ini,
tanpa bermaksud untuk menjelek-jelekkan salah satu website yang saya pilih,
saya memilih dua website yang memiliki jenis yang sama untuk saya bandingkan,
yaitu Toko Buku Gramedia dan Toko Buku Karisma.
Untuk dapat melihat secara langsung,
anda dapat mengakses link-link berikut :
Pertama mari kita lihat kelebihan yang dimiliki
oleh website Toko Buku Gramedia. kelebihannya ialah mereka memberikan kolom search
dengan category yang dapat kita pilih seperti juduk buku, penulis, resensi, dan
sebagainya. Menu book categorynya pun tersusun sangatlah rapi dan terorganisir
dengan seangat baik sehingga sangat memudahkan customernya untuk menemukan buku
yang mereka cari.
Mereka juga
menampilkan banner yang menarik tentang buku-buku yang terbaru yang di
tawarkan, menyediakan tempat bagi customernya yang ingin mendownload e-book
mereka, memberikan tempat bagi komunitasnya untuk berbagi atau bertukar
pendapat tentang buku-buku yang mereka sukai, memberikan berita atas
acara-acara yang akan diselenggarakan oleh mereka seperti launching buku dan
sebagainya, agar para pecinta buku dapat hadir dan mengetahui tentang buku
tersebut.
Memberikan video
trailer buku yang baru diterbitkan sebagai media iklan yang sangat menarik bagi
para pembacanya. Dan para pembacanya diberikan kebebasan untuk mem-vote atau
memnberikan rate buku yang mereka sukai. Untuk setiap buku, mereka memberikan
sinopsis yang lumayan lengkap juga menarik lengkap dengan ukuran buku, tebal
buku, hingga nome produk buku tersebut. Bagi customer yang ingin memesan buku
tersebutpun dapat memesannya dengan sangat mudah, hanya dengan sign in untuk
dapat menjadi member pada Toko Buku Gramedia, memilih buku yang di inginkan,
memasukkannya ke wishlist atau yang lebih kita kenal dengan cart, dan
selanjutnya sama saja dengan apabila kita berbelanja online di online shop
lainnya.
Kekurangannya ialah pada kolom brows by tag, agak terlihat kurang rapi karena
banyak judul buku yang di tuliskan disana dalam satu kolom yang sama, tanpa
koma atau pembatas apapun antar judul buku tersebut sehingga terlihat agak
sedikit membingungkan. Gramedia juga mungkin harus menambahkan daftar cabang
dari Toko mereka, agar para calon customer yang mungkin belum mengenal Toko
Buku Gramedia ini seperi customer dari luar negeri dapat lebih yakin untuk
memilih Gramedia sebagai tempat mereka berbelanja buku dikarenakan dengan
melihat banyaknya cabang yang Gramedia miliki, mereka dapat mengetahui bahwa Gramedia
adalah toko buku yang telah memiliki nama besar di Indonesia dan dapat
dipercaya. Selebihnya, website yang dimiliki Gramedia sudah sangat baik dan
lengkap.
Pada website yang
dimiliki oleh Toko Buku Karisma, kelebihan yang dimiliki ialah menu yang
ditampilkan sangat rapi dan tergolong lengkap serta dapat memudahkan customer
untuk menemukan buku yang mereka cari pada category yang telah mereka berikan.
Mereka juga memberikan kolom “chat with us” untuk dapat memudahkan customernya
berhubungan dengan mereka, memberikan nomer telepon yang dapat di hubungi oleh
customernya, menampilkan seluruh cabang yang mereka miliki, lengkap dangan
alamat toko, memberikan informasi bazar dan lomba dan harga promosi untuk buku
yang baru mereka terbitkan, untuk semakin mendekatkan hubungan mereka dengan
customernya. Mereka tidak hanya sekedar menawarkan buku, namun juga peralatan
kantor yang juga dapat dipesan.
Kekurangan pada website ini ialah website ini masih dalam versi beta,
sehingga masih harus melewati banyak perbaikan, buku yang ditawarkan juga tidak
diberikan sinopsis yang lengkap, padahal dengan sinopsis tersebutlah yang dapat
menarik minat costumernya utntuk memesan, tampilannya pun agak sedikit kaku.
Demikianlah sedikit perbandingan dari
websiteToko Buku Karisma dan Toko Buku
Gramedia yang dapat saya paparkan, lebih dan kurangnya saya mohon maaf, dan
semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang memerlukannya.