Jumat, 27 Oktober 2017

Dampak dari Banyaknya Perusahaan Ritel yang Tutup(tugas)

Industri ritel Tanah Air tengah menghadapai persoalan pelik. Satu per satu pelaku industri ritel di Indonesia mulai mengehentikan operasional gerai ritelnya. Tercatat, hingga saat ini sudah ada beberapa pelaku usaha ritel yang menutup gerai usahanya, mulai dari 7-Eleven, PT Matahari Department Store.
Terbaru, Lotus Department Store dan Debenhams akan ditutup oleh PT Mitra Adi Perkasa Tbk pada akhir bulan Oktober dan akhir tahun ini.Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Hariyadi Sukamdani mengatakan, perlu ada upaya dari pemerintah agar persoalan tutupnya gerai ritel tidak terus berlanjut.
"Tutup itu kan karena tidak laku, poinnya itu, karena pembelinya berkurang," kata Hariyadi kepada Kompas.com, Jumat (27/10/2017).Menurut Hariyadi, pasca-tutupnya 7-Eleven hingga saat ini, pemerintah belum serius menghiraukan masalah daya beli.
"Ini kan sekarang kementerian terkait membantahlah enggak percaya daya beli turun segala macam. Tapi kalau pemerintah sendiri tidak memahami apa yang terjadi, kan bisa memukul pemerintah itu sendiri," tambahnya.Hariyadi, menegaskan saat ini sudah waktunya bagi pemerintah untuk lebih mencari tahu lebih lanjut terkait persoalan daya beli dan fenomena tutupnya gerai ritel.
"Yang penting adalah segera cari tahu apa sih situasi sebenernya seperti apa, sehingga mereka bisa mengambil kebijakan yang tepat," papar Hariyadi.Sebelumnya, PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) memastikan akan menghentikan secara total operasional toko ritel Debenhams di Indonesia pada akhir tahun 2017.
Hal ini dilakukan sebagai bagian dari restrukturisasi usaha perseroan menyusul tinjauan strategis pada bulan Juni 2017 lalu.MAP juga sudah mengumumkan rencana untuk menghentikan operasional Lotus Department Store pada akhir bulan Oktober 2017.
Head of Corporate Communication MAP, Fetty Kwartati mengatakan, bisnis MAP kedepan akan fokus pada gerai department store yang lain, yakni SOGO, SEIBU, dan Galeries Lafayette. "Di berbagai belahan dunia, generasi millenials telah menjauh dari department store, dan mereka lebih memilih untuk belanja di toko-toko khusus. Tak terkecuali di Indonesia,” kata Fetty.
Menurutnya, keputusan untuk menutup toko ini dilakukan setelah mempertimbangkan perubahan tren ritel global secara hati-hati.

Dampak Sosial
dengan banyaknya ritel yang tutup ditahun ini menyebabkan angka perumahan pegawai meningkat ,keadaan tersebut tentu saja menyebabkan dampak social kepada masyrakat yang mengalami hal tersebut
Dampak Budaya
dengan banyaknya ritel yang ditutup mengindikasikan bahwa budaya belanja masyarakat sedikit banyak sudah beralih dari konvensional ke belanja online
Dampak Politik  
Untuk dampak politik sepertinya tidak ada atau belum ada.
Dampak Ekonomi
dengan banyaknya ritel yang di tutup menjadi indikasi bahwa  daya beli masyaraka menurun .
Dampak Hukum
 dengan banyaknya gerai yang dditutup menyebabkan angka pemutusan hubungan kerja meningkat sehingga angka penngagguran juga meningkat,dengan meningkatnya angka pengangguran di khawatirkan angka kriminalitas juga meningkat.

Source:

Senin, 09 Oktober 2017

Pengertian Cloud Computing, Mobile Computing, Ubiquilou Computing,NanoScience,Grid Technology

Cloud Computing
umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Mobile Computing
Mobile computing adalah seperangkat benda atau teknologi yang memiliki teknologi secanggih yang sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) dan mampu melakukan komunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel) walaupun user atau pengguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan.
            Mobile computing juga merupakan teknologi yang dapat melakukan system distribusi data saat bergerak bebas dan dapat melakukan koneksi kembali pada lokasi jaringan yang berbeda.
            Jenis-jenis Mobile Computing
·          Laptop
·          PDA (Personal Digital Assitant)
·          Smartphone

Kelebihan Mobile Computing
-          Extreme Personalization..
-          Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun.
-          Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain.
-          Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur.

Kelemahan Mobile Computing
·   Kurangnya Bandwith
·          Konsumsi Tenaga
·          Gangguan Transmisi
·          Potensi Terjadinya Kecelakaan
·          Antarmuka Pengguna dengan Alat

Ubiquilous Computing
Ubiquitous computingdapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di mana user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut. Setiap komputer dapat melakukan pekerjaan yang dipersiapkan untuk tidak banyak melibatkan intervensi manusia atau bahkan tanpa harus mendeteksi di mana pemakai berada. 
 Ide ubiquitous computing pertama kali disampaikan oleh Mark Weiser (1998) di Laboratorium Komputer Xerox PARC, yang membayangkan komputer dipasangkan di dinding, di permukaan meja, di setiap benda sehingga seseorang dapat berkomunikasi dengan ratusan komputer pada saat yang sama. Setiap komputer secara tersembunyi diletakkan di lingkungan dan dihubungkan secara nirkabel.

Buxton (1995) menyatakan bahwa ubiquitous computing mempunyai karakteristik utama yaitu:
Ubiquity
Transparency

Ubiquitous computing mempunyai beberapa spesifikasi teknis sebagai berikut
1.         Terminal&userinterface

2.         Peralatanyangmurah

3.         Bandwidthtinggi

4.         Sistemfiletersembunyi

5.         Instalasi           otomatis

6.         Personalisasi    informasi

7.         Privasi


NanoScience

Nanosains adalah studi tentang atom, molekul, dan benda yang ukurannya berskala nanometer (1 - 100 nm)
Pasar nanoteknologi akan terus berkembang di masa yang akan datang. Pertumbuhan ini berasal dari lebih dari chip elektronik dan komputer. Dari forensik hingga plastik hingga energi hingga kesehatan, dimensi ukuran terkecil menjadi fitur yang paling penting. Nanoteknologi menjanjikan jawaban atas banyak jenis masalah di semua bidang pekerjaan.
Gerakan besar untuk ukuran yang lebih kecil ini mengharuskan siswa terjun ke dunia mikro dan nano terlebih dahulu. Berinteraksi dengan fitur kecil dan tak terlihat membantu mengembangkan keterampilan memecahkan masalah. Siswa kagum melihat detail mulut seekor semut masuk ke fokus saat Anda mengendalikan mikroskop elektron untuk pertama kalinya. Hal ini mirip dengan belajar mengendarai sepeda. Memiliki kekuatan untuk menggerakkan instrumen di tangan Anda bisa tampak menakutkan, namun memperbesar detailnya sesegera mungkin saat meluncur di jalan dengan sepeda. Siswa akan menikmati penjelajahan dengan alat yang disediakan oleh Nanoscience Instruments.
Kami memiliki alat pendidik yang perlu mengajari siswa keterampilan yang akan mereka gunakan untuk sukses dalam berbagai pekerjaan. Setiap instrumen cukup kecil untuk mudah diletakkan di atas meja di kelas atau laboratorium Anda. Mikroskop yang mudah digunakan sangat cocok untuk pengguna awal dan lanjutan. Siswa dapat dengan cepat dilatih untuk menggunakan mikroskop elektron pemindaian Phenom. Permukaan kekasaran dan topografi dapat dicitrakan dengan mikroskop 3D Zeta-20 atau mikroskop kekuatan atom kita.

Grid Technology
Grid computing merupakan salah satu jenis dari komputasi modern. Grid computing adalah arsitektur yang menghasilkan sistem informasi perusahaan yang berbiaya rendah dan lebih adaptif terhadap bisnis. Grid computing juga dapat diartikan resource dan penyelesaian masalah terkoordinasi dalam organisasi virtual yang dinamis dan multi-institusional. Grid computing memiliki perbedaan yang lebih menonjol dan diterapkan pada sisi infrastruktur dari penyelesaian suatu proses. Grid computing adalah suatu bentuk cluster (gabungan) komputer – komputer yang cenderung tak terikat batasan geografi.
Pemilihan nama Grid sendiri adalah sebagai bentuk kiasan bagi pembuatan computer power agar dapat diakses semudah mengakses electric power, sehingga harus memiliki kemampuan untuk mengakses computing power (CPUs), aplikasi perangkat lunak dan data penelitian dalam suatu bentuk “on-demand”.
Berikut adalah beberapa konsep dasar dalam Grid Computing:
·          Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara lokal.
·          Sumber daya berbeda dapat mempunyai kebijakan dan mekanisme berbeda, mencakup Sumber daya komputasi dikelola oleh sistem batch berbeda, Sistem storage berbeda pada node berbeda, Kebijakan berbeda dipercayakan kepada user yang sama pada sumber daya berbeda pada Grid.
·          Sifat alami dinamis: Sumber daya dan pengguna dapat sering berubah
·          Lingkungan kolaboratif bagi e-community (komunitas elektronik, di internet)

Minggu, 08 Oktober 2017

Trend Teknologi Masa Depan

Kemajuan dunia teknologi saat ini sukses membuat kita  terkagum-kagum. Bayangkan saja, kita bisa mendapatkan semua informasi dan berkomunikasi dengan banyak cara yang berbeda menggunakan perangkat apapun.
Lantas, pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah inovasi teknologi baru seperti apa yang akan menjadi tren beberapa tahun kedepan? Mari simak berita dibawah ini

1.      Internet of Things
Kekuatan sistem Internet of Things (IoT) diprediksi akan terus berkembang dan menjadi lebih populer di berbagai tempat, temasuk rumah, kantor, pabrik hingga fasilitas medis. Forbes pun mencatat bahwa IoT sangat mungkin untuk mengembangkan teknologi rumah pintar. Dengan begini, kamu bisa mengecek kondisi rumah setiap saat meskipun saat ditinggalkan dalam kondisi kosong.
2.      VR dan AR
Saat ini, teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) memang sudah menjadi sorotan. Hal ini tampak dari banyaknya aplikasi dan permainan VR maupun AR yang telah tersedia hingga dirilisnya Oculus Rift yang mendapat sambutan positif. SpAcer bahkan bisa melihat fenomena salah satu game AR, Pokemon Go, yang booming dengan lebih dari 100 juta download. Sejumlah kalangan memprediksi VR dan AR akan terus berkembang di berbagai sektor di 2017.
3.      Intelligent Apps
Intelligent Apps (IA) atau aplikasi pintar dapat mempermudah kehidupan kita. Contohnya, virtual personal assistants (VPAs) yang diprediksi dapat mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Gartner, sebuah perusahaan riset teknologi informasi, bahkan memperkirakan ada 200 perusahaan di dunia akan mulai mengeksploitasi IA untuk memperbaiki sistem penawaran suatu produk dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

4.       3D Printer
Mungkin sudah banyak benda yang berhasil dicetak dengan printer 3D. Namun, sebuah studi yang dilakukan Spiceworks mengenai tren teknologi baru di masa depan menyebutkan bahwa akan lebih banyak organisasi atau perusahaan yang berencana untuk menggunakan printer 3D dalam lima tahun ke depan. Rata-rata perusahaan/organisasi tersebut berada di bidang manufacturing dan pendidikan.

5.       Everything on-Demand
Berkat Uber dan startup sejenisnya, kamu mulai terbiasa untuk memesan segala sesuatu melalui aplikasi ponsel. Dan tampaknya di tahun depan, aplikasi seperti ini akan berkembang lebih jauh. Hal ini terlihat dari ribuan aplikasi yang telah tersedia untuk jasa angkutan, pengiriman makanan bahkan tempat untuk menginap.

6.      Intelligent Things
Intelligent things (IT) atau benda-benda cerdas, seperti robot, drone, dan kendaraan otonom akan memasuki fase bisnis baru. David Carley dari Gartner memberi contoh adanya penggunaan robot di berbagai sektor, seperti sistem robot di swalayan Lowe yang melayani konsumen saat berbelanja. Selain itu, penggunaan robot di  fasilitas pariwisata dan hiburan juga akan meningkat.

7.      Artificial Inteligence dan Machine Learning
Artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan diprediksi semakin berkembang di tahun 2017. Istilah ini bisa diterapkan pada kemampuan komputer yang memiliki fungsi kognitif otak manusia. Hingga nantinya, kecerdasan buatan memungkinkan spAcer untuk berinteraksi langsung ke sebuah layanan tanpa perangkat elektronik.
Tak hanya Google, Facebook, Microsoft, Apple, dan Amazon berlomba-lomba mengembangkan algoritma berbasis kecerdasan buatan. Gartner bahkan memprediksi bahwa IA dan machine learning akan banyak digunakan pada robot, virtual personal assistants, kendaraan mandiri, dan smart advisors di tahun 2017.
So, itulah 10 tren teknologi baru yang diprediksi akan terus berkembang dan memberi dampak di masa depan, spAcer! Kalau kamu, teknologi mana yang paling dinantikan nih?



8.      Mobil masa depan
Saat ini mobil dengan perangkat teknologi digital dan bertenaga istrik telah berkembang sangat baik. Namun pada 2016 beberapa perusahaan otomotif akan mengembangkan mobil dengan autopilot, tanpa sopir dalam arti mobil mampu menyetir sendiri. 
Pada saat yang sama beberapa produsen mobil mewah ternama seperti Audi, Mercedes, BMW, Ford bahkan VW group telah menyiapkan sistem mobil autopilot ini. Untuk mobil listrik, berbeda pada pameran CES sebelumnya hanya sebatas mobil konsep. 
Kali ini mobil listrik yang dipamerkan akan lebih familiar dan terjangkau bagi masyarakat. Termasuk beberapa produsen dari Cina yang mulai melirik teknologi mobil listrik terjangkau.

9.       Internet yang semakin baik untuk kesehatan
Berbeda dengan penggunaan internet bagi perangkat realitas virtual dan rumah pintar, seluruh perangkat aplikasi internet bisa dihubungkan melalui tubuh untuk mengecek kesehatan pengguna internet. Perangkat gadget dengan koneksi internet nanti mampu memantau kadar glukosa darah, rincin pola tidur, bahkan zat kimia berbahaya dalam tubuh. 

Source

Minggu, 01 Oktober 2017

Inovasi IT Memberi Pengaruh Yang Signifikan Pada Masyarakat

Aplikasi transpoertasi online merubah cara pola pikir masyarakat dalam cara pemesanan reservasi transportasi umum, aplikasi ini mengarahkan pelanggannya untuk melakukan pemesanan secara online dengan mengunduh aplikasi ojek online terlebih dahulu kemudian selanjutnya dapat melakukan pemesanan alat transportasi beserta supir, ojek online juga menyediakan pilihan alat transportasi lain seperti mobil yang sering disebut dengan transportasi seperti mobil pribadi. Tidak hanya dengan meluncurkan ide pemesanan transportasi yang cepat dan singkat, tetapi pihak ojek online juga sangat memperhatikan kenyamanan dan keamanan berkendara untuk para pelanggannya. Inovasi ini semakin memudahkan dan membuat nyaman para pelanggannya sehingga para pelanggan tidak harus berlelah-lelah untuk melakukan pemesanan transportasi umum, hanya dengan berdiam dirumah dengan menggunakan teknologi seperti handphone, masyarakat sudah bisa melakukan pemesanan transportasi umum dengan nyaman dan aman.
Walaupun sudah banyak dikenal tetapi aplikasi dan pelayanan ojek online ini belum bisa menjangkau seluruh daerah di Indonesia, tetapi setidaknya aplikasi dan ide kreatif yang diciptakan ini ikut andil dalam pengaruh perkembangan teknologi terhadap kemudahan transportasi di Indonesia.
Seiring kesuksesan transportasi berbasis online  Perusahaan seperti Gojek, Grab, dan Uber berkembang begitu pesat dan melebarkan sayap operasi bisnisnya tidak hanya di Jakarta tapi di kota-kota lain di Indonesia.

Kehadiran teknologi, tak hanya menghadirkan kehidupan yang lebih mudah atau beratmosfer penuh kecanggihan. Kemajuan teknologi juga melahirkan "anak-anak" berupa aplikasi yang ternyata mampu memberdayakan kehidupan masyarakat.

Aplikasi kini memang menjadi unsur paling "seksi" di sektor industri informasi dan teknologi. Fenomena ojek daring merupakan satu contoh bagaimana sebuah aplikasi mampu bertransformasi menjadi kekuatan tersendiri.

Chief Executive Officer (CEO) Merah Cipta Media Group (MCM) Antonny Liem mengungkapkan, teknologi sudah tak bisa ditolak keberadaannya bagi industri bisnis. "Kekuatannya memang tak terlihat karena berada di balik layar, tapi pengaruhnya sangat besar," ujarnya, di konferensi Social Media Week (SMW) di Jakarta, Rabu (24/2).

Menurutnya, Gojek menjadi bukti bagaimana bisnis jasa angkut dan kurir yang dijalankannya, bisa memberikan dampak luar biasa. Para pengemudi ojek yang awalnya tidak mengenal gadget dan internet, kini bahkan menjadi bagian dari kemajuan teknologi.

Senada, CEO Lazada Indonesia, Magnus Ekbom, mengatakan, pertumbuhan aktivitas digital di Indonesia terus mengalami peningkatan. Hal ini memiliki dampak besar bagi industri ekonomi digital di Tanah Air.

Menurutnya, internet merupakan salah satu faktor yang dapat membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. "Saat ini, hampir tak ada industri yang bisa hidup tanpa internet," ujar Ekbom.

Pemberdayaan masyarakat

Di panggung SMW, Chief Marketing Officer (CMO) Gojek Piotr Jakubowski memutarkan sebuah video yang bercerita tentang Asep. Ia adalah tukang ojek yang sudah lama bergelut dengan profesinya di Jakarta.

Memiliki tanggungan istri dan anak, membuat Asep harus bekerja lebih keras. Namun sayang, penghasilan dari narik ojek tidak sepadan dengan letih yang ia rasakan.

Bahkan, upah yang ia dapat tak jarang kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Tetapi, angin perubahan berembus di tengah keluarga Asep ketika ia bergabung bersama Gojek.


Kemajuan layanan transportasi berbasis aplikasi ternyata memiliki dua sisi. Satu paras dia tampak indah dengan segala kemudahan yang ditawarkan. Sisi lainnya dia rawan memicu konflik.


Aplikasi penyedia jasa angkutan dan kurir tersebut membawa Asep lebih percaya diri mencari nafkah. "Aplikasi bisa berdampak positif pada kehidupan sosial bila dibuat sebagai solusi permasalahan yang dihadapi bagi masyarakat luas," kata Piotr mengungkapkan.

Ada beberapa dampak sosial yang timbul sejak kemunculan aplikasi yang satu ini beberapa tahun lalu. Dampak pertama, Gojek memberikan harapan bagi dunia tenaga kerja dengan menciptakan profesi baru.

Pengemudi ojek memang profesi yang sudah ada sejak lama. Tetapi, cenderung serabutan dan tidak memiliki penghasilan tetap.

Para pengemudi ojek juga mengaku, mereka lebih sering duduk santai mengobrol dengan penarik ojek lain. Tidak jarang juga hanya tidur siang di rumah.

Ketika teknologi mulai merambah profesi yang satu ini, kekuatannya pun berefek besar. Apabila sebelumnya pengemudi ojek hanya menunggu penumpang di pangkalan, kini justru penumpang yang mencari jasa angkut mereka.

Aplikasi Gojek juga memberikan harapan bagi para pengangguran atau korban pemutusan kerja (PHK). Menurut Piotr, tidak sedikit jumlah pengemudi ojek yang mendaftar di Gojek pernah menjadi seorang pegawai kantoran. Kondisi ekonomi saat ini akhirnya membuat mereka hengkang dan beralih profesi.

Poin kedua, aplikasi mampu meningkatkan kehidupan sosial. Profesi baru yang diciptakan pun terus berkembang. Saat ini, sebanyak delapan jenis layanan yang telah tersedia. Beberapa di antaranya tergolong baru, seperti Goclean dan Gomassage.

Melalui diversifikasi layanan Goclean, Gojek merangkul para perempuan dalam kondisi ekonomi sulit agar bisa mendapatkan pekerjaan.

Kemudian, ada pula Gomassage yang memberikan kesempatan kepada para tunanetra yang identik dengan "tukang pijat" agar mudah mendapatkan pelanggan. "Lewat aplikasi, kami ikut pula memberdayakan perempuan dan difabel yang kami jadikan partner," kata Piotr menjelaskan.

Selama ini, Gojek tidak membatasi pegawainya dalam menerima order kerjaan. Bahkan, beberapa perempuan yang ikut layanan Goclean di siang hari, ikut pula narik ojek ketika malam. Melakukan double job melalui aplikasi, misalnya, saat pagi hingga siang menyediakan layanan Goclean, sementara malam hari narik ojek.

Yang terakhir, Piotr mengungkapkan, pemberdayaan masyarakat dari aplikasi Gojek hadir dengan adanya rasa kebersamaan yang mendalam. Semua pihak yang bergabung di Gojek, mulai dari pengemudi atau pegawai di dalam kantor akan merasakan rasa kekeluargaan yang begitu besar.

Contohnya, saat peristiwa pemukulan dan penganiayaan pengemudi Gojek, semua pihak mengulurkan bantuannya. Kini, setiap pengemudi ojek juga diberikan arahan dan pelatihan mengenai kekeluargaan tersebut. Setiap yang mengenakan jaket berwarna hijau dengan tulisan Gojek adalah keluarga.

Hingga kini, sekitar 200 ribu pengemudi ojek bergabung bersama Gojek di delapan kota besar Indonesia. Rata-rata permintaan kerja para pengemudi sekitar delapan sampai sembilan order per hari. 



SEJARAH HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER

Pengertian Software
Komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melaluisofware atau perangkat lunak inilah suatu computer dapat menjalankan suatu perintah

Perkembangan sejarah software
Dibagi dalam beberapa era yaitu Era Pioneer, Stabil, Mikro, dan Modern. Berikut adalah Sejarah Perkembangan Software Komputer :

1. Era Pioneer
Pada Era Pioneer inibentuk software computer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel keantar bagian dalam komputer, Cara dalam mengakses computer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan computer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Di era ini software computer merupakan satu kesatuan dengan sebuah hardware komputer.

2. Era Stabil
Pada Era Stabilinibaris-barisperintah software komputer yang dijalankan oleh computer bukan lagi satu-satu, tapi sudah banyak proses yang di lakukan secara bersamaan (multi tasking). Software Komputer pada era ini jugamampu menyelesaikan banyakpengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Di era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program dan data .

3. Era Mikro
 Pada Era Mikroini software computer dapat dibedakan menjadi beberapa bagianyaitu Software Sistem (Windows, Linux, Machintos, dll), Software Aplikasi (Ms.Office, OpenOffice, dll) danLanguange Software/BahasaPemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)

4. Era Modern
Pada Era Modern ini software computer tidak hanya untuk sebuah computer tetapi sebuah handphone pun telah di lengkapi dengan sebuah software system seperti Android, Symbian, dll.Tingkat kecerdasan yang ditunjukkanoleh software komputer pun semakinmeningkat, selain permasalahan teknis, software computer sekarang juga mulai bisa mengenal suara dangambar.
Pengertian  hardware
Hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkatkeras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan dirabasecara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Sejarah perkembangan hardware dibedakan dalam dua periode perkembangan yaitu periode sebelum tahun 1940 dan sesudah tahun 1940. Sebelum tahun 1940 dikatakan sebagai evolusi komputer dengan teknologi mekanik.
Sejarah komputer dimulai ketika lahirnya komputer generasi pertama yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Calculator). Kebanyakan orang mengenal sejarah komputer yang pertama kali dibuat adalah ENIAC. Komputer ENIAC yang merupakan komputer elektronik yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2.4 m dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts. Padahal komputer digital pertama sebenarnya adalah ABC (Atanasoff-Berry Computer). Adalah Vincent Atanasoff ,pendiri ABC yang lahir pada 4 Oktober 1903 di Hamilton, New York, namun dibesarkan di Brewster, Florida. Sejak kecil Atanasoff telah menunjukkan ketertarikannya pada matematika adalah matematika binari dan logika Boolean. Solusi itu dianggapnya pas untuk komputer digital yang sedang dirancangnya.

Atanasoff dan Berry segera mewujudkan komputer impian mereka pada November 1939. Prototipe yang mereka buat ternyata dapat bekerja. Atanasoff menamakan mesin hitung digitalnya itu dengan ABC. Kependekan dari Atanasoff-Berry Computer. Namun ketenarannya menjadi pudar setelah “diserobot” ENIAC.
 Proposal ENIAC dirancang pada tahun 1942 dan mulai di buat pada tahun 1943 oleh Dr. John Mauchy dan John Presper Eckert di Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania) dan baru selesai pada tahun 1946.

Komputer generasi pertama
dibangun selama interval tahun 1940 sampai dengan 1959. Meskipun ENIAC ataupun ABC saling mengklaim sebagai komputer pertama didunia, namun mereka bukanlah komputer yang dipasarkan secara komersial pertama didunia. UNIVAC adalah jenis komputer pertama didunia yang dipasarkan secara komersial. Komputer jenis ini diproduksi oleh produsen IBM dan Sperry yang digunakan pertama kali untuk keperluan kalkulasi sensus penduduk negara Amerika Serikat tahun 1951 dan dioperasikan sampai tahun 1963. Selain itu, IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 tahun 1953 yang berorientasi pada aplikasi bisnis dan merupakan komputer yang paling populer sampai dengan tahun 1959. IBM 705 dikeluarkan untuk mengantikan IBM 701. Adapun karakteristik atau ciri-ciri dari komputer generasi pertama adalah yaitu berukuran sangat besar, untuk penempatannya membutuhkan ruang 500 m2  dengan menggunakan 18.000 tabung hampa udara, 75.000 relay dan saklar, 10.000 kapasitor dan 70.000 resistor. Ketika di operasikan membutuhkan daya listrik sebesar 140 kilowatt dengan berat lebih dari 30 ton dan menempati ruangan sekitar 167 m2 . 

Komputer generasi kedua
dibangun sekitar tahun 1959 hingga tahun 1964 dengan mempunyai spesifikasi antara lain menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk mengantikan tabung vakum Sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN (Formula Translator) digunakan untuk penyelesaian matematika dan COBOL (Common Bussiness Oriented Language) digunakan untuk masalah peradagangan..Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage. Menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk . Kemampuan melakukan proses real time dan real sharing . Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dari generasi pertama . Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik . Kebutuhan akan daya listrik lebih kecil . Orientasinya program tidak lagi tertuju pada aplikasi bisnis, tetapi juga sudah ke aplikasi teknik

Komputer generasi ketiga
dibangun pada tahun 1964 sampai dengan tahun 1970 dengan memiliki spesifikasi sebagai berikut antara lain komputer generasi ketiga menggunakan teknologi Integrated Circuit (IC) hingga generasi sekarang. IC di buat pertama kali oleh Texas Instruments dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor dan sekarang IC  memiliki miliaran transistor. Contoh Komputer Generasi III adalah: IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, NCR Century, GE 600, CDC 3000. Komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut antara lain : 
-Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat.  Kecepatan hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.

-Peningkatan dari sisi software.

-Kapasitas memori lebih besar dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter (sebelumnya  hanya puluhan ribu).

-Menggunakan media penyimpan luar disk magnetik yang sifat pengaksesan datanya secara acak dengan kapasitas jutaan karakter.

-Penggunaan listrik yang lebih hemat.
-Kemampuan untuk melakukan multiprosesing dan multitasking.

-Telah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.

-Harga yang semakin murah.

-Kemampuan untuk melakukan komunikasi dengan komputer lain.

 Komputer Generasi Keempat
adalah lanjutan dari Generasi Ke III yang dibangun mulai tahun 1970 sampai tahun 1980-an. Bedanya komputer GIV mengunakan IC yang lebih kompleks dan terintegrasi. Large Scale Integration – Bipolar LSI – Very LSI à yang dapat menampung ribuan hingga ratusan ribu IC. Tahun 1971 INTEL memperkenalkan microkomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Tahun 1972 INTEL memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu . Tahun 1974 INTEL membuat Prosesor 8080 untuk tujuan umum pertama kali. Pada Generasi Keempat tampilan monitor masih satu warna (green color)Komputer Generasi Ke empat adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080 dengan sistem Operasi CP/M (Control Program for Microposessor) dengan Bahasa Pemrograman BASIC (Beginner’s All Purpose Symbolic Instruction Code) digunkaan untuk perhitungan matematika dan perhitungan dagang yang sederhana.

Komputer generasi kelima
mulai dibangun pada tahun 1980-an. Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah Komputer Personal (PC) secara masal.Tanggal 12 Agustus 1981 menjadi sebuah standard komputer PC yang dinamakan IBM-PC. Prosesor yang digunakan 8088/8086 yang merupakan standar komputer saat itu dengan menggunakan basis proses 18 bit per satuan waktu. Dengan lahirnya komputer IBM bekerjasama dengan Microsoft untuk mengembangkan Software. Mulai dikembangkan standar PC yang dikenal dengan PC-Compatible dan dikembangkan oleh perusahaan seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh Wiliam Bill Gates. Generasi kelima telah dilakukan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josepson Junction, teknologi yang mengantikan chip yang mempunyai kemampuan memproses triliyunan operasi per detik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini komputer dapat menerjemahkan bahasa manusia serta adanya penghematan energi komputer. Sifat ini dinamakan “artifical intelegence” Selain itu berbasis GUI, Multimedia dan Multikomunikasi. Contoh komputer yang lahir generasi kelima berbasis  x86, seperti chip 286 yang dikenalkan tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 tahun 1983 dengan 275.000 transistor, sedangkan chip 486 diperkenalkan pada tahun 1989 yang memiliki 1,2 juta transistor. Selanjutnya tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut dengan PENTIUM 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakukan MIPS (Million Instruction per Second). Kemudian Generasi berikut Pentium 2, 3 dan 4. Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4 yang merupakan prosesor terkahir dari keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit. Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor ITANIUM (Code Named Merced) yang merupakan prosesor yang berbasis arsitektur 64 bit.

 Kini sebuah komputer modern mempunyai spesifikasi yang lebih canggih misalnya saja kapasitas RAM (Random Access Memory) yang besar serta VGA (Visual Graphic Adapter) yang mampu menjalankan program dengan kapasitas besar serta dengan gambar visual yang bagus. Kini komputer memiliki bentuk yang lebih simple dan mudah dibawa kemana-mana. Adapun bentuk dari komputer yang simpel tersebut antara lain Laptop, komputer tablet, dll.

2. Memori RAM, tempat menyimpan data sementara.
3. Hard drive, media penyimpanan semi permanen.
4. Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet.

5. Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU,sepertimonitordanprinter.

source http://rickyanasprayogo.blogspot.co.id/2012/10/sejarah-perkembangan-software-dan.html
https://rofiatulblog.wordpress.com/2016/04/08/sejarah-perkembangan-hardware-dan-software/ 

Sabtu, 22 April 2017

Australia dan Indonesia


       Isu penyadapan yang dilakukan oleh Australia terhadap pejabat tinggi negara menjadi pemberitaan yang panas akhir – akhir ini. Hal tersebut menjadi masalah penting di dalam negeri ini.
Hubungan Indonesia dan Australia kembali menghadapi ujian berat. Pemerintah Indonesia dibuat kesal karena Australia tidak membenarkan dan tidak membantah soal skandal penyadapan yang diungkap media massa dari hasil bocoran Edward Snowden - mantan kontraktor badan intelijen AS (NSA) yang tengah menjadi buronan Washington dan kini menetap di Rusia tersebut. 
       Pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott sama sekali tak dapat menjernihkan isu penyadapan ini. Ia hanya mengatakan badan dan agen intelijen negaranya selalu bertindak dalam koridor hukum. “Setiap badan pemerintah Australia bertugas sesuai aturan yang berlaku,” kata dia.
“Buka rahasia mereka, lindungi rahasia kita (reveal their secrets, protect our own)”. Itulah semboyan Badan Intelijen Australia (Defence Signals Directorate) yang tahun 2013 ini berganti nama menjadi Australian Signals Directorate (ASD). Dengan moto itu, agen-agen DSD menjejakkan kaki di Bali ketika Indonesia menjadi tuan rumah Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2007.
         Dipetik dari vivanews.com, DSD ini membawa tugas khusus, mengumpulkan nomor-nomor telepon para pejabat pertahanan dan keamanan di Indonesia. Dalam misinya itu, DSD bekerja bahu-membahu dengan badan keamanan nasional Amerika Serikat (National Security Agency) untuk memperoleh informasi yang menjadi target mereka. Semua itu diungkapkan Edward Snowden --mantan kontraktor NSA yang kerap membocorkan rahasia intelijen AS-- dalam dokumen yang ia bocorkan dan dilansir harian Inggris The Guardian, 2 November 2013.

     DSD bahkan disebut memasukkan ahli Bahasa Indonesia ke dalam timnya untuk memonitor dan menyeleksi informasi dari komunikasi yang berhasil mereka dapatkan. “Tujuan dari upaya (spionase) ini adalah untuk mengumpulkan pemahaman yang kuat tentang struktur jaringan yang diperlukan dalam keadaan darurat,” kata dokumen Snowden itu.
      Harian Australia The Sydney Morning Herald melaporkan Negeri Kanguru secara intensif dan sistematis melakukan aksi mata-mata dan membangun jejaring spionase mereka di Tanah Garuda ini melalui kantor kedutaan besar mereka di Jakarta.
       Fenomena yang terjadi saat ini sangatlah menarik perhatian publik, karena upaya penyadapan yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) dan Australia terhadap pejabat-pejabat di Indonesia sebagaimana disampaikan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Marciano Norman dilakukan sudah sangat lama. Bahkan Australia telah melakukan penyadapan percakapan telepon sejumlah pemimpin Indonesia dalam kurun waktu 2007-2009.
Alhasil, kasus yang terbongkar ini telah mengganggu hubungan diplomatik ke dua Negara yang berdaulat.

Langkah Presiden dalam menanggapi kasus ini  :

Hal ini tentunya mengundang respon Susilo Bambang Yudhoyono sebagai kepala negara. SBY melalui juru bicaranya Julian Aldrin Pasha, Jumat 8 November 2013, menyatakan tak dapat menerima adanya aksi penyadapan Australia terhadap Indonesia. Atas aksi tersebut, akhirnya SBY mengeluarkan tiga langkah yang akan ditempuh menyangkut aksi penyadapan tersebut. Yang pertama adalah Indonesia menunggu penjelasan dan tanggung jawab Australia atas kasus penyadapan itu.

Kedua, sejumlah agenda kerja sama akan dikaji ulang, seperti pertukaran informasi dan intelijen diantara kedua negara. Selain itu latihan-latihan bersama antara tentara Indonesia dan Australia juga dihentikan.Penghentian kerja sama ini termasuk dalam soal Coordinated Military Operation antara Indonesia dan Australia. Selain itu, juga isu penyelundupan manusia atau people smuggling.

Ketiga, untuk keberlanjutan hubungan kedua negara, Presiden meminta pderlu ada semacam protokol, atau kode etik (code of conduct), dan guiding principle menyangkut kerja sama di berbagai bidang. Selain itu, rencananya Indonesia kini tengah meningkatkan kerjasama pertahanannya dengan Rusia menyusul penyadapan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Australia terhadap para pejabat tinggi RI. Kesepakatan awal soal peningkatan kemitraan Rusia-Indonesia dicapai di tingkat parlemen kedua negara dalam kunjungan pimpinan parlemen Rusia ke DPR RI, Jakarta, 21 November 2013.
Sikap sangat keprihatinan dan sangat kecewa yang ditunjukkan oleh Kementerian Kominfo ini selain berdasarkan aspek hubungan diplomatik, juga karena mengacu pada aspek hukum, karena bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, yaitu UU No. 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi dan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
            Pasal 40 UU Telekomunikasi menyebutkan, bahwa setiap orang dilarang melakukan kegiatan penyadapan atas informasi yang disalurkan melaiui jaringan telekomunikasi dalam bentuk apapun. Demikian pula Pasal 31 ayat UU ITE menyebutkan ayat (1) bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atau penyadapan atas informasi elektronik dan / atau dokumen elektronik dalam suatu komputer dan / atau elektronik tertentu milik orang lain; dan ayat (2) bahwa setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan intersepsi atas transmisi informasi elektronik dan / atau dokumen elektronik yang tidak bersifat publik dari, ke, dan di dalam suatu komputer dan / atau dokumen elektronik tertentu milik orang lain, baik yang tidak menyebabkan perubahan apapun maupun yang menyebabkan adanya perubahan, penghilangan dan / atau penghentian informasi elektronik dan / atau dokumen elektronik yang sedang ditransmisikan.
Memang benar, bahwa dalam batas-batas dan tujuan tertentu, penyadapan dapat dimungkinkan untuk tujuan-tujuan tertentu tetapi itupun berat pesyaratannya dan harus izin pimpinan aparat penegak hukum, sebagaimana disebutkan padaPasal 42 UU Telekomunikasi menyebutkan (ayat 1), bahwa penyelenggara jasa telekomunikasi wajib merahasiakan informasi yang dikirim dan atau diterima oleh pelanggan jasa telekomunikasi melalui jaringan telekomunikasi dan atau jasa telekomunikasi yang diselenggarakannya; dan ayat (2) bahwa untuk keperluan proses peradilan pidana, penyelenggara jasa telekomunikasi dapat merekam informasi yang dikirim dan atau diterima oleh penyelenggara jasa telekomunikasi serta dapat memberikan informasi yang diperlukan atas: a. permintaan tertulis Jaksa Agung dan atau Kepala Kepolisian Republik Indonesia untuk tindak pidana tertentu; b. permintaan penyidik untuk tindak pidana tertentu sesuai dengan Undang-undang yang berlaku. Demikian pula kemungkinan penyadapan yang dibolehkan dengan syarat yang berat pula yang diatur dalam Pasal 31 ayat (3) UU ITE yang menyebutkan, bahwa kecuali intersepsi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2), intersepsi yang dilakukan dalam rangka penegakan hukum atas permintaan kepolisian, kejasaan, dan / atau institusi penegak hukum lainnya yang dilakukan berdasarkan undang-undang.

Ancaman pidana terhadap kegiatan penyadapan adalah sebagaimana diatur dalam Pasal 56 UU Telekomunikasi yaitu penjara maksimal 15 tahun penjara dan Pasal 47 UU ITE yaitu penjara maksimal 10 tahun penjara dan atau denda paling banyak Rp 800.000.000,-
Memang benar, bahwa misi diplomatik asing dimungkinkan untuk memperoleh kekebalan diplomatik sebagaimana diatur dalam UU No. 37 Tahun 1999 tentang Hubungan Luar Negeri, seperti disebutkan pada Pasal 16, yang menyebutkan, bahwa pemberian kekebalan, hak istimewa, dan pembebasan dari kewajiban tertentu kepada perwakilan diplomatik dan konsuler, misi khusus, perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa, perwakilan badan-badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan organisasi internasional lainnya, dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan nasional serta hukum dan kebiasaan internasional. Namun demikian, masih di UU tersebut, pada Pasal 17 disebutkan ayat (1) bahwa berdasarkan pertimbangan tertentu, Pemerintah Republik Indonesia dapat memberikan 
pembebasan dari kewajiban tertentu kepada pihak-pihak yang tidak ditentukan dalam Pasal 
16 dan ayat (2) pemberian pembebasan sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) dilaksanakan berdasar pada 
peraturan perundang-undangan nasional. Penjelasan Pasal 17 tersebut di antaranya disebutkan, bahwa pembebasan dari kewajiban tertentu kepada pihak-pihak yang tidak disebutkan dalam Pasal 16 hanya dapat diberikan oleh pemerintah atas dasar kasus demi kasus, demi kepentingan nasional, dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan nasional. Dengan demikian, pemberian imunitas tersebut tidak boleh bertentangan dengan UU yang ada. Sehingga dalam hal ini, jika dugaan pelanggaran penyadapan oleh Australia melalui misi diplomatiknya telah dibuktikan, maka imunitas tersebut dapat dianggap bertentangan dengan UU yang berlaku, dalam hal ini UU Telekomunikasi dan UU ITE.
Kementerian Kominfo sejauh ini berpandangan, bahwa kegiatan penyadapan tersebut belum terbukti dilakukan atas kerjasama dengan penyelenggara telekomunikasi di Indonesia. Namun jika kemudian terbukti, maka penyeleggara telekomunikasi yang bersangkutan dapat dikenai pidana yang diatur daam UU Tekomunikasi dan UU ITE.
Bahwasanya kegiatan penyadapan oleh Australia tersebut sangat mengusik kedaulatan dan nasionalisme Indonesia adalah benar. Namun demikian Kementerian Kominfo melalui siaran pers ini menghimbau agar kepada para hacker untuk tidak melakukan serangan balik kepada pihak Australia. Hal itu selain dapat berpotensi memperburuk situasi, tetapi juga justru berpotensi melanggar UU ITE.
Juga perlu diingatkan kepada publik, bahwa apapun perakitan, perdagangan dan atau penggunaan perangkat sadap yang diperdagangkan secara bebas adalah suatu bentuk pelanggaran hokum, karena bertentangan dengan UU Telekomunikasi. Kementerian Kominfo tidak pernah memberikan sertifikasi perangkat sadap terkecuali yang digunakan oleh lembaga penegak hukum yang disebutkan pada Pasal 40 UU Telekomunikasi dan Pasal 31 UU ITE. Demikian pula anti sadap pun juga illegal, karena Kementerian Kominfo tidak pernah mengeluarkan sertidikat untuk perangkat (baik hard ware maupun software) anti sadap.

Source







Selasa, 07 Maret 2017

JENIS ASURANSI dan Contoh

Pengertian Asuransi

Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak Penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kepada tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga yang mungkin akan diderita tertanggung yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti, atau untuk memberikan suatu pembayaran yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan”.Pada hakekatnya asuransi adalah suatu perjanjian antara nasabah asuransi (tertanggung) dengan perusahaan asuransi (penanggung) mengenai pengalihan resiko dari nasabah kepada perusahaan asuransi.( Undang-Undang No.2 Tahun 1992 Pasal 1)


Asuransi Umum
Jenis-Jenis produk  asuransi umum adalah:
1.      Asuransi harta benda (property insurance)
2.      Asuransi rekayasa (engineering insurance)
3.      Asuransi kendaraan bermotor(motor vehicle insurance)
4.      Asuransi marine risk and marine liability
5.      Asuransi tanggung gugat
6.      Asuransi professional liability
7.      Asuransi aneka
8.      Asuransi pesawat dan satelit
9.      Asuransi energy
10.  Asuransi kredit dn jaminan
Jenis asuransi dan contoh nya
Dalam perkembanganya produk asuransi jiwa terbagi menjadi 3 kelopok besaar yaitu:
Asuransi Jiwa
1.      Asuransi jiwa berjangka(Term Life Insurance)
2.      Asuransi jiwa seumur hidup ( whole life)
3.      Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment)
4.      Kontrak Annuitas
5.      Asuransi Kesehatan (Health Insurance)
Asuransi social
1.      Asuransi pertanggungan kecelakaan
2.      Jaminan Pertanggungan hari tua dan pension
3.      Jaminan pertanggungan hari tua dan pension
4.      Jaminan pelayanan kesehatam
5.      Jaminan pertanggungan kematian
6.      Jaminan pertanggungan pengagguran
Asuransi Syariah
Pada dasarnya produk asuransi syariah sama dengan product-produk asuransi yang ada pada asuransi jiwa atau asuransi umum. Namun yang menjadi pembedanya adalah istilah-istilah dan prinsip yang di gunakan.



Source:
https://anisahaseena.wordpress.com/2014/09/24/pengertian-asuransi-dan-jenis-jenisnya-serta-contoh-perusahaan-asuransi/

http://www.sanabila.com/2015/06/jenis-jenis-asuransi-beserta-contohnya.html