Jumat, 20 Desember 2013

MOTIVASI

Motivation
Motivasi seringkali diartikan dengan istilah dorongan. Dorongan atau tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat. Jadi motif tersebut merupakan suatu driving force yang menggerakkan manusia untuk bertingkah-laku, dan di dalam perbuatannya itu mempunyai tujuan tertentu. Setiap tindakan yang dilakukan oleh manusia selalu di mulai dengan motivasi (niat)
Motivasi seseorang sangat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu :
a. Faktor Internal; faktor yang berasal dari dalam diri individu,
Harga diri dan prestas
Harapan
Kebutuhan
Kepuasan kerja
b. Faktor Eksternal; faktor yang berasal dari luar diri individu, terdiri atas
Jenis dan sifat pekerjaan
Kelompok kerja dimana individu bergabung
Situasi lingkungan pada umumnya
Sistem imbalan yang diterima
Setiap orang mendambakan masa depan yang lebih baik,kesuksesan dalam sekolah,kuliah, karir, rumah tangga dan hubungan sosial, namun seringkali kita terbentur oleh berbagai kendala dalam hidup tidak selamanya yang kita rencanakan terealisasi dengan baik, terkadang ada hal-hal mendasar yang tidak bisa terelakan ketika rancangan tersebut kemudian gagal dan tidak bisa terealisasi dengan baik. Jatuh bangun dalam menjalani kehidupan pun harus di lalui suka maupun tidak suka,ya kita hanyalah aktor dalam hidup ini, ketika jatuh dan terpuruk secara pribadi beberapa hal bisa menjadi pelipur lara sekaligus motivasi untuk ku,pertama ialah aku tanamkan dalam mindset ku bahwa jika aku tidak bangkit dan tenggelam dalam kegagalan ku maka aku sendiri yang akan merasakan kerugiannya.maka aku tidak ingin tenggelam dalam kesedihan ku,aku harus bangkit,yang kedua Tuhan tidak suka dengan orang yang berputus asa,cobaan dalam hidup pasti dilalui,jatuh bangun adalah hal yang biasa,yang luar bisa adalah kita bisa bangkit saat jatuh tersebut ,dan yang terakhir yang memotivasi diriku adalah  orang tua,orang tua yang menjadi pembangkit semangat untuk menjalani hidup ini.
self_motivation
Semangat dan dukungan dari mereka bagaikan oase di padang gurun ,menyejukan dan menguatkan. Semangat dan dukungan dari mereka pun mampu membujuk ku dari hal yang tidak menarik menurutku menjadi menarik ,dari kedaanku yang lemah menjadi kuat ,ya semangat dan dukungan dari ayah dan ibuku memang luar biasa membuat semangatku membuncah-buncah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar