Senin, 09 Oktober 2017

Pengertian Cloud Computing, Mobile Computing, Ubiquilou Computing,NanoScience,Grid Technology

Cloud Computing
umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.

Teknologi komputer berbasis sistem Cloud ini merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Teknologi ini mengizinkan para pengguna untuk menjalankan program tanpa instalasi dan mengizinkan pengguna untuk mengakses data pribadi mereka melalui komputer dengan akses internet.

Mobile Computing
Mobile computing adalah seperangkat benda atau teknologi yang memiliki teknologi secanggih yang sering disebut sebagai mobile computer (portable computer) dan mampu melakukan komunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel) walaupun user atau pengguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan.
            Mobile computing juga merupakan teknologi yang dapat melakukan system distribusi data saat bergerak bebas dan dapat melakukan koneksi kembali pada lokasi jaringan yang berbeda.
            Jenis-jenis Mobile Computing
·          Laptop
·          PDA (Personal Digital Assitant)
·          Smartphone

Kelebihan Mobile Computing
-          Extreme Personalization..
-          Pengaksesan Informasi setiap saat dan dimanapun.
-          Kompatible yang tinggi dengan teknologi lain.
-          Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur.

Kelemahan Mobile Computing
·   Kurangnya Bandwith
·          Konsumsi Tenaga
·          Gangguan Transmisi
·          Potensi Terjadinya Kecelakaan
·          Antarmuka Pengguna dengan Alat

Ubiquilous Computing
Ubiquitous computingdapat didefinisikan sebagai penggunaan komputer yang tersebar di mana user berada. Sejumlah komputer disatukan dalam suatu lingkungan dan tersedia bagi setiap orang yang berada di lokasi tersebut. Setiap komputer dapat melakukan pekerjaan yang dipersiapkan untuk tidak banyak melibatkan intervensi manusia atau bahkan tanpa harus mendeteksi di mana pemakai berada. 
 Ide ubiquitous computing pertama kali disampaikan oleh Mark Weiser (1998) di Laboratorium Komputer Xerox PARC, yang membayangkan komputer dipasangkan di dinding, di permukaan meja, di setiap benda sehingga seseorang dapat berkomunikasi dengan ratusan komputer pada saat yang sama. Setiap komputer secara tersembunyi diletakkan di lingkungan dan dihubungkan secara nirkabel.

Buxton (1995) menyatakan bahwa ubiquitous computing mempunyai karakteristik utama yaitu:
Ubiquity
Transparency

Ubiquitous computing mempunyai beberapa spesifikasi teknis sebagai berikut
1.         Terminal&userinterface

2.         Peralatanyangmurah

3.         Bandwidthtinggi

4.         Sistemfiletersembunyi

5.         Instalasi           otomatis

6.         Personalisasi    informasi

7.         Privasi


NanoScience

Nanosains adalah studi tentang atom, molekul, dan benda yang ukurannya berskala nanometer (1 - 100 nm)
Pasar nanoteknologi akan terus berkembang di masa yang akan datang. Pertumbuhan ini berasal dari lebih dari chip elektronik dan komputer. Dari forensik hingga plastik hingga energi hingga kesehatan, dimensi ukuran terkecil menjadi fitur yang paling penting. Nanoteknologi menjanjikan jawaban atas banyak jenis masalah di semua bidang pekerjaan.
Gerakan besar untuk ukuran yang lebih kecil ini mengharuskan siswa terjun ke dunia mikro dan nano terlebih dahulu. Berinteraksi dengan fitur kecil dan tak terlihat membantu mengembangkan keterampilan memecahkan masalah. Siswa kagum melihat detail mulut seekor semut masuk ke fokus saat Anda mengendalikan mikroskop elektron untuk pertama kalinya. Hal ini mirip dengan belajar mengendarai sepeda. Memiliki kekuatan untuk menggerakkan instrumen di tangan Anda bisa tampak menakutkan, namun memperbesar detailnya sesegera mungkin saat meluncur di jalan dengan sepeda. Siswa akan menikmati penjelajahan dengan alat yang disediakan oleh Nanoscience Instruments.
Kami memiliki alat pendidik yang perlu mengajari siswa keterampilan yang akan mereka gunakan untuk sukses dalam berbagai pekerjaan. Setiap instrumen cukup kecil untuk mudah diletakkan di atas meja di kelas atau laboratorium Anda. Mikroskop yang mudah digunakan sangat cocok untuk pengguna awal dan lanjutan. Siswa dapat dengan cepat dilatih untuk menggunakan mikroskop elektron pemindaian Phenom. Permukaan kekasaran dan topografi dapat dicitrakan dengan mikroskop 3D Zeta-20 atau mikroskop kekuatan atom kita.

Grid Technology
Grid computing merupakan salah satu jenis dari komputasi modern. Grid computing adalah arsitektur yang menghasilkan sistem informasi perusahaan yang berbiaya rendah dan lebih adaptif terhadap bisnis. Grid computing juga dapat diartikan resource dan penyelesaian masalah terkoordinasi dalam organisasi virtual yang dinamis dan multi-institusional. Grid computing memiliki perbedaan yang lebih menonjol dan diterapkan pada sisi infrastruktur dari penyelesaian suatu proses. Grid computing adalah suatu bentuk cluster (gabungan) komputer – komputer yang cenderung tak terikat batasan geografi.
Pemilihan nama Grid sendiri adalah sebagai bentuk kiasan bagi pembuatan computer power agar dapat diakses semudah mengakses electric power, sehingga harus memiliki kemampuan untuk mengakses computing power (CPUs), aplikasi perangkat lunak dan data penelitian dalam suatu bentuk “on-demand”.
Berikut adalah beberapa konsep dasar dalam Grid Computing:
·          Sumber daya dikelola dan dikendalikan secara lokal.
·          Sumber daya berbeda dapat mempunyai kebijakan dan mekanisme berbeda, mencakup Sumber daya komputasi dikelola oleh sistem batch berbeda, Sistem storage berbeda pada node berbeda, Kebijakan berbeda dipercayakan kepada user yang sama pada sumber daya berbeda pada Grid.
·          Sifat alami dinamis: Sumber daya dan pengguna dapat sering berubah
·          Lingkungan kolaboratif bagi e-community (komunitas elektronik, di internet)

1 komentar: