Senin, 17 November 2014

Rizki Mobilku

Tugas 2(dikerjakan secara kelompok)
RIZKI MOBILKU

Anda adalah seorang konsultan manajemen untuk Rizki Hidayat,pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil merangkap bengkel servis. Ia telah meminta anda untuk menghabiskan beberapa hari di Rizki Mobilku,sebuah dealer yang tidak memberikan kinerja sesuai potensinya. Anda tidak di perkenankan “mencari masalah’,sebagai gantinya tugas anda adalah menemukan cara cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut mengambil keuntungan dari setiap peluang.

Suatu hari ketika anda sedang berbicara dengan Pramono,manajer penjualan untuk Rizki Mobilku,Anda menyadari bahwa dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi,ia tidak menyadari potensi dari informasi yang telah di kumpulkan untuk pengambilan keputusan manajerial. Sebagai contoh,Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang di jual nya,tetapi ia tidak pernah menghubungi pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Mobil Rizkiku tahu bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian,tetapi dealer tidak menghbungi pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.


1.Berdasarkan kasus Rizki Mobilku,jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya di proses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan.

Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
Data yang sbaiknya di proses menjadi informasi di Rizki Mobilku contohnya tanggal pembelian dan pemilik dari setiap mobil yang di jual, no telp pelanggan  yang tidak di hubungi lagi oleh rizki mobil ku sehubungan dengan penawaran mobil baru setiap 10 tahun sekali.

2.Apakah saran anda terhadap kasus Rizki Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif?
Saran kami adalah mengolah data yang ada menjadi informasi yang bisa menambah keuntungan perusahaan contoh nya menghubungi pelanggan .

Kelompok
Vera Badryanti (39113108)
Nur Qadari(36113696)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar