Tugas
2(dikerjakan secara kelompok)
RIZKI MOBILKU
Anda adalah seorang konsultan manajemen
untuk Rizki Hidayat,pemegang saham mayoritas dari kelompok 5 dealer mobil
merangkap bengkel servis. Ia telah meminta anda untuk menghabiskan beberapa
hari di Rizki Mobilku,sebuah dealer yang tidak memberikan kinerja sesuai
potensinya. Anda tidak di perkenankan “mencari masalah’,sebagai gantinya tugas
anda adalah menemukan cara cara untuk membantu manajemen di dealer tersebut
mengambil keuntungan dari setiap peluang.
Suatu hari ketika anda sedang berbicara
dengan Pramono,manajer penjualan untuk Rizki Mobilku,Anda menyadari bahwa
dealer hanya mempergunakan sistem pemrosesan transaksi,ia tidak menyadari
potensi dari informasi yang telah di kumpulkan untuk pengambilan keputusan
manajerial. Sebagai contoh,Rizki Mobilku mengetahui tanggal pembelian dan
pemilik dari setiap mobil yang di jual nya,tetapi ia tidak pernah menghubungi
pemilik mobil tersebut sehubungan dengan pemeliharaan rutin. Mobil Rizkiku tahu
bahwa orang yang membeli sebuah mobil baru biasanya akan menukar mobil tersebut
dengan mobil baru lain 10 tahun kemudian,tetapi dealer tidak menghbungi
pelanggan-pelanggan sebelumnya ini.
1.Berdasarkan kasus Rizki
Mobilku,jelaskan perbedaan antara data dan informasi. Data apa yang sebaiknya
di proses menjadi informasi di Rizki Mobilku?
Data adalah
sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya
suatu pengolahan.
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
Data yang sbaiknya di proses menjadi
informasi di Rizki Mobilku contohnya tanggal pembelian dan pemilik dari setiap
mobil yang di jual, no telp pelanggan yang tidak di hubungi lagi oleh rizki mobil ku
sehubungan dengan penawaran mobil baru setiap 10 tahun sekali.
2.Apakah saran anda terhadap kasus Rizki
Mobilku untuk mencapai keunggulan kompetitif?
Saran kami adalah mengolah data yang ada
menjadi informasi yang bisa menambah keuntungan perusahaan contoh nya
menghubungi pelanggan .
Kelompok
Vera Badryanti (39113108)
Nur Qadari(36113696)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar